Gala Games Diretas, pGALA Tiba-tiba Meroket Lebih Dari 250 Persen di Indodax
Gala Games belum lama ini menyampaikan komunitasnya supaya tetap tenang setelah munculnya kekhawatiran aksi peretasan. (Foto; Dok. Gala)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan gim blockchain Gala Games belum lama ini menyampaikan komunitasnya supaya tetap tenang setelah munculnya kekhawatiran aksi peretasan. Akibat kekhawatiran tersebut, harga token GALA merosot 25,6 persen. Kondisi tersebut memicu keriuhan di media sosial.

Pada saat itu, satu alamat dompet tampaknya mencetak lebih dari 2 miliar dolar dalam token GALA yang belum diketahui dari mana. Kejadian yang tidak biasa ini sebelumnya sudah ditandai oleh perusahaan keamanan blockchain PeckShield kemarin, 3 November. Pada puncak kebingungan, GALA anjlok secara dramatis dari 0,0394 dolar menjadi 0,0293 dolar AS selama 130 menit, menurut GoinGecko.

Pihak Gala Games mengomentari munculnya token pGALA sekaligus menjelaskan aktivitas yang tidak biasa tersebut sebagai bagian dari upaya untuk melindungi token dari serangan hacker dan mengurangi spekulasi anjloknya GALA.

“Kami memperhatikan pGALA tidak dianggap aman lagi dan mengoordinasikan serangan (hacker) white hat untuk mencegah pGALA dieksploitasi secara jahat,” tulis keterangan pihak Gala Games.

Selain itu, platform berbasis blockchain juga menyarankan agar mencetak token baru untuk membantu pNetwork mengosongkan pool PancakeSwap yang rusak. pNetwork juga mendukung pernyataan Gala Games di Twitter, tetapi juga menyarankan pengguna agar tidak melakukan apa-apa dengan penghubung atau bridge untuk sementara waktu.

“Bridge GALA ditangguhkan untuk sementara waktu. Semua dana aman, tetapi mohon jangan mengirim dana ke bridge karena pegin dan pegout (redeems) saat ini tidak sedang diproses,” tulis keterangan terbaru dari akun Twitter resmi Gala Games.

Pihak Gala juga memaparkan rencananya untuk meluncurkan pool baru untuk pengguna yang berisi saldo berjumlah sama dengan pool sebelumnya. Pengembang Gala menyatakan bawha “token pGALA baru akan dibuat untuk menggantikan token lama yang dikompromikan dan ditayangkan dalam beberapa hari mendatang kepada mereka yang memiliki pGALA sebelum pool dikosongkan.”

Menurut laporan CoinSpeaker, peretasan Gala Games mewakili masalah berulang yang lebih luas dalam industri kripto. Peretasan Blockchain menjadi semakin umum karena industri kripto semakin populer. Telah terjadi gelombang pelanggaran jaringan, terutama di ruang keuangan terdesentralisasi (DeFi), karena penjahat ingin mengeksploitasi teknologi yang masih baru ini.

pGALA di Indodax

Di salah satu bursa kripto terkemuka di Indonesia, Indodax, token pGALA mengalami kenaikan sebesar lebih dari 280 persen dalam 24 jam terakhir. Mengomentari terjadinya kebocoran keamanan token, pihak Indodax menyesalkan peristiwa tersebut.

“Kami menyesalkan bahwa peristiwa ditemukannya celah keamanan pGALA serta rencana aksi mint and dump pGALA secara sepihak dan mendadak ini tidak diinformasikan terlebih dahulu kepada semua centralized exchange (termasuk INDODAX), sehingga INDODAX tidak diberikan waktu untuk menutup fitur deposit sebelum insiden. Langkah penutupan sebagai tindakan pengamanan diambil atas dasar inisiatif INDODAX dengan tujuan untuk melindungi member INDODAX, sehubungan dengan adanya kegiatan yang mencurigakan terhadap transaksi GALA di pasar,” tulis keterangan di laman resmi Indodax.

(Dok. Indodax)

Pihak bursa kripto memaparkan bahwa jumlah token pGALA hasil internal hacking pNetwork masuk ke Indodax dengan masif. Oleh karenanya, pihak Indodax mengubah ticker GALA menjadi pGALA karena nilai token tersebut tidak sebanding dengan GALA. Perubahaan tersebut juga ditujukan untuk membedakan GALA dengan pGALA.

“Bagi member yang membeli, mempunyai atau mendeposit token GALA ke INDODAX sebelum insiden terjadi, akan mendapatkan GALA dengan nilai yang sama. Tidak terpengaruh dengan insiden ini,” tulis keterangan bursa.

“Tanggal snapshot insiden yang dimaksud ini adalah block #22745013, Nov-03–2022 jam 19:45 UTC time ( https://bscscan.com/block/22745013 ). Bagi member yang memiliki token pGALA di INDODAX pada 7 November 2022, pukul 15:00 WIB, akan mendapatkan airdrop kurang-lebih 0.00000109 BNB untuk setiap pGALA yang dimiliki saat snapshot sesuai dengan press release yang dikeluarkan oleh team GALA tersebut,” tambah keterangan dalam pengumuman Indodax.