Bagikan:

JAKARTA - Samsung dikabarkan sedang menyiapkan sensor kamera dengan resolusi yang lebih tinggi dari 108MP. Bahkan disebutkan jika kamera di smartphone Samsung akan menggunakan sensor 600MP. 

Mengutip Gizchina, Senin 7 Desember, rumor tersebut disampaikan akun Twitter, Ice Universe. Dalam cuitannya, Ice Universe mengatakan jika Samsung akan menghadirkan sensor kamera dengan resolusi yang lebih besar dan disematkan pada fabrikasi 1/0,57 inci.

Dalam dokumen slide yang dibagikan Ice Universe, mengatakan sensor kamera Samsung memungkinkan pengambilan gambar dan video hingga 4K dan 8K. Sensor raksasa ini juga akan bisa menghasilkan video yang di-zoom tanpa mengorbankan kualitasnya.

Menurut bocoran dari orang dalam, Samsung harus mencari cara agar bisa menyematkan sensor kamera tersebut di bagian belakan ponsel. Pasalnya, sensor ini akan memakan 12 persen area belakang ponsel dan menghasilkan tonjolan setebal 22mm.

Sebagai perbandingan, sensor kamera di Huawei P40 Pro+ berukuran 1/1,28 inci dan memiliki ketebalan kurang lebih 8,3mm. Tentunya modul kamera setebal 22mm akan membuat ponsel terlihat sangat aneh. 

Untuk mengatasi masalah dimensi ini, Samsung akan menggunakan teknologi ISOCELL pixel binning guna memastikan tonjolan kamera tidak terlalu besar. Hal tersebut berhasil dilakukan Samsung dan menghasilkan sensor dengan ukuran pixel 0.7µm pada 2019 lalu. 

Namun untuk melihat kehadiran ponsel dengan kamera 600MP, tentunya masih akan membutuhkan waktu cukup lama. Pasalnya Samsung sedang berfokus untuk menggarap ponsel dengan sensor kamera 108MP yang akan digunakan di Galaxy S21.