Samsung Umumkan Sensor Kamera 108MP Generasi Ketiga, Hasilkan Gambar Lebih Tajam
Sensor kamera 108MP (Samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung jadi perusahaan pertama yang meluncurkan sensor kamera 108MP dan terus memperkenalkan varian terbarunya. Sejalan dengan itu, raksasa Korea Selatan itu kini telah mengumumkan generasi ketiga dari sensor 108MP, Samsung ISOCELL HM3.

Dalam siaran persnya yang dilansir dari Samsung Newsroom, sensor kamera HM3 yang diperbarui hadir dengan sejumlah peningkatan penting dan trik baru untuk hasil yang lebih baik dalam hal kejernihan gambar, jangkauan dinamis, dan kinerja fokus otomatis.

Sensor ini adalah sensor 1/1,33 inci yang menggunakan piksel 0,8μm dan binning piksel Nanocell 9-in-1 untuk  menghasilkan gambar beresolusi 12MP.

Selain itu perusahaan juga memperkenalkan teknologi baru lainnya bernama Super PD Plus yang mampu meningkatkan autofokus. 

Samsung mengatakan bahwa Super PD Plus menambahkan lensa mikro yang dioptimalkan AF melalui agen pemfokusan deteksi wajah, meningkatkan akurasi hingga 50 persen.

Teknologi ini memastikan bahwa subjek yang bergerak selalu dalam fokus dan performa cahaya rendah juga meningkat.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Smart ISO Pro - teknologi pencitraan high-dynamic-range (HDR) yang menggunakan solusi intra-scene dual conversion gain (iDCG). 

Teknologi ini bisa menangkap frame dalam ISO tinggi dan rendah dan menggabungkannya menjadi satu gambar dalam kedalaman warna 12-bit dengan pengurangan noise.

sensor kamera 108 MP (Samsung Newsroom)

Perusahaan menambahkan bahwa dengan mode cahaya rendah, teknologinya meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 50 persen untuk menangkap foto yang lebih terang dan lebih jelas di lingkungan dengan cahaya rendah dibandingkan dengan pendahulunya.

Samsung mengklaim telah mengurangi penyerapan energi dalam mode pratinjau, berkat desain sensor baru untuk ISOCELL HM3. 

Mengenai ketersediaannya, perusahaan telah mengungkapkan bahwa itu sudah dalam produksi massal tetapi masih harus dilihat perangkat mana yang menjadi yang pertama memiliki sensor kamera baru ini.