Samsung Dikabarkan Bakal Gunakan Kamera 200 Megapiksel, Hasil Potret Jadi Lebih Nyata
Samsung akan segera luncurkan kamera 200 megapiksel. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut laporan terbaru dari outlet berita Korea, ETNews, yang ditemukan oleh Android Authority, sepertinya Samsung Galaxy S23 Ultra akan menggunakan sensor kamera 200 megapiksel yang diluncurkan perusahaan tahun lalu.

Ini adalah jumlah piksel yang banyak sekali, dan Samsung tidak sendirian dalam perlombaan senjata megapiksel terbaru ini. Kabarnya Motorola juga mengeluarkan produk serupa dengan Motorola X30 Pro. Bahkan Apple, pemuja kamera 12 megapiksel, sepertinya akan pindah ke sensor kamera 48 megapiksel dengan resolusi lebih tinggi dengan iPhone 14.

Ini tidak semua tentang jumlah besar; pindah ke sensor jumlah piksel yang lebih tinggi memiliki manfaat kualitas gambar yang nyata. Dalam hal perlombaan megapiksel ini, ini semua tentang pixel binning.

Samsung sudah menggunakan ini dengan sensor 108 megapikselnya, dan mengambil foto beresolusi super tinggi bukanlah intinya, melainkan menggabungkan piksel individu menjadi konfigurasi empat kali empat atau dua kali dua kali.

Sensor baru ini, menueut The Verge,  hanya membawa teknologi selangkah lebih maju. Piksel 0,64μm pada sensor 200 megapiksel Samsung relatif kecil, mengingat piksel pada sensor 12 megapiksel terbaru Apple berukuran 1,9μm. Tetapi menempatkan 16 di antaranya menghasilkan piksel yang secara efektif 2,56μm.

Semua hal dianggap sama, piksel yang lebih besar akan mengumpulkan lebih banyak cahaya dan membuat gambar cahaya rendah Anda lebih baik. Secara default, Anda mendapatkan gambar akhir 12 megapiksel, jadi tidak ada risiko tanpa sadar mengisi penyimpanan ponsel Anda dengan foto 200 megapiksel.