Survei BlockFi Temukan Investor Wanita Tetap <i>Bullish</i> di Industri Kripto, Ini Buktinya
Flori Marquez sebut satu dari 10 wanita memilih kripto sebagai investasi pertama mereka (foto: twitter @FounderFlori )

Bagikan:

JAKARTA - Penurunan pasar kripto menjadikannya badai yang sulit untuk dihadapi baik bagi investor maupun bisnis di industri ini. Namun, menurut data baru, kasus ini tidak menghentikan wanita untuk menjadi bullish di bisnis crypto.

Sebuah survei baru yang dilakukan oleh BlockFi, platform perdagangan dan investasi kripto, bertanya kepada wanita di seluruh Amerika Serikat tentang pandangan dan partisipasi mereka dalam industri kripto antara September 2021 dan Maret 2022.

Menurut temuan, satu dari 10 wanita memilih kripto sebagai investasi pertama mereka, dengan 17% di antaranya adalah investor wanita generasi Milenial dan 11% Generasi Z. Temuan bahkan mengungkapkan bahwa dari wanita yang disurvei, 7% dari Generasi X, yang mencakup individu yang lahir antara tahun 1965 dan 1980, melaporkan kripto sebagai investasi pertama mereka.

Namun, seperti yang diungkapkan data sebelumnya, diperlukan lebih banyak edukasi dan kejelasan seputar ruang untuk membuat investor merasa aman dan percaya diri dalam investasi mereka.

Survei tersebut menyoroti bahwa sementara sebagian besar wanita yang disurvei (81%) telah mendengar tentang kripto, 77% masih melihatnya sebagai investasi yang berisiko.

Flori Marquez, pendiri dan chief operating officer BlockFi, menggemakan sentimen bahwa pendidikan adalah kunci untuk membawa lebih banyak wanita ke luar angkasa. “Pengetahuan mendorong pemberdayaan dan kepercayaan diri,” kata Marquez, dikutip Cointelegraph.

Terlepas dari hambatan, baik dari segi pasar maupun pendidikan, banyak wanita masih melihat tempat untuk diri mereka sendiri di industri ini. Lebih dari satu dari lima (22%) mengatakan mereka memiliki niat untuk membeli kripto di tahun depan. Bahkan 20% wanita Gen Z menyebut Bitcoin sebagai “investasi jangka panjang terbaik” di antara yang lainnya dalam deretan pilihan investasi.

Data dari survei BlockFi menunjukkan bahwa wanita memang di sini untuk memegang, dengan 69% pemilik kripto wanita mengatakan mereka memegang kripto dan tetap hanya memegang.

Marquez mengatakan penurunan pasar kripto saat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun komunitas penjaja wanita ini.

“Bangunan terbaik terjadi selama pasar bearish. Sangat penting bahwa kami memanfaatkan waktu ini untuk membangun produk dan komunitas yang inklusif bagi semua investor,” tambah Marquez.

Kembali pada bulan Mei tahun ini, miliarder Tim Draper bersikeras bahwa pasar bull berikutnya akan didorong oleh adopsi dari investor wanita.