Bagikan:

JAKARTA - BlockFi, perusahaan pemberi pinjaman penambangan kripto yang bangkrut, berencana untuk menjual pinjaman yang terkait dengan pembelian mesin penambangan Bitcoin.

Perusahaan ini memiliki sekitar 160 juta dolar AS dalam bentuk pinjaman yang didukung oleh 68.000 mesin penambang Bitcoin yang harus dijual. Berdasarkan laporan Bloomberg pada 24 Januari, perusahaan yang berbasis di New Jersey ini memulai proses penawaran untuk pinjaman tersebut tahun lalu.

Namun, beberapa dari pinjaman ini telah gagal bayar dan kurang dijaminkan karena penurunan harga perangkat keras penambangan BTC. BlockFi mengajukan kebangkrutan bab 11 pada akhir November setelah runtuhnya FTX.

Industri penambangan kripto mengalami tahun yang buruk pada 2022, dengan penambang Bitcoin dihantam oleh hash rate yang tinggi dan persaingan yang ketat, serta kenaikan harga energi serta penurunan harga Bitcoin. Pemberi pinjaman kripto seperti BlockFi, yang telah merambah ke penambangan Bitcoin untuk meningkatkan perbendaharaan aset digital mereka, juga terkena dampak dari kondisi ini.

Menurut laporan Bloomberg, hampir 4 miliar dolar AS telah dikumpulkan melalui pinjaman ini sejak kenaikan kripto terakhir. Pemberi pinjaman utama lainnya untuk perusahaan penambangan kripto termasuk New York Digital Investment Group (NYDIG), Celsius Network, Galaxy Digital, dan Digital Currency Group's (DCG) Foundry.

Namun, dengan kondisi pasar yang sulit, beberapa dari perusahaan ini terpaksa menjual aset yang tertekan, seperti perangkat keras penambangan Bitcoin.

Manajer aset kripto Grayscale menyiapkan dana dengan Foundry untuk berinvestasi dalam perangkat keras penambangan BTC untuk memanfaatkan pasar aset yang tertekan ini. Ini menunjukkan bahwa meskipun industri penambangan kripto sedang mengalami kesulitan, ada peluang untuk investor yang berani mengambil risiko.

Pada 23 Januari, BlockFi mendesak pengadilan untuk menyetujui pembayaran bonus karena perusahaan berjuang untuk mempertahankan staf. Menurut pengajuan tersebut, Chief People Officer Megan Crowell mengatakan bahwa meskipun saat ini merupakan masa yang sangat bergejolak di industri aset digital, peluang bagi peserta di tempat lain belum tertutup.

Dia menambahkan bahwa upaya untuk mendapatkan talent tetap aktif dan mendesak persetujuan program retensi untuk mencegah tekanan yang tidak berkelanjutan pada perusahaan. Proposal Crowell akan menawarkan bonus staf sebesar 20-50 persen dari gaji mereka jika mereka tetap berada di perusahaan pada 31 Januari.