Amazon.com Inc., Luncurkan Portal Perbandingan Produk Asuransi di Inggris
Ilustrasi asuransi yang diperlukan saat ini. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon.com Inc meluncurkan portal asuransi rumah di Inggris dan telah mendaftarkan tiga perusahaan asuransi besar dalam usahanya mendorong lebih jauh ke layanan keuangan di seluruh dunia.

Menurut Amazon, Rabu 19 Oktober,  Ageas UK, Co-op, dan LV= General Insurance, sebuah unit dari perusahaan asuransi dari Jerman, Allianz, akan menyediakan layanan pihak ketiga pada awalnya. Mereka berharap untuk menambah lebih banyak perusahaan asuransi pada "awal tahun depan".

Saham Moneysupermarket.com  merosot lebih dari 15% menyusul berita tersebut.

"Amazon akan menjadi ancaman besar jika dengan sungguh-sungguh berinvestasi dan memfokuskan upayanya di pasar ini," kata analis Peel Hunt. Ia juga menambahkan bahwa asuransi - termasuk asuransi rumah - membentuk sekitar 43% dari bisnis Moneysupermarket.

Moneysupermarket mengatakan awal pekan ini bahwa pihaknya memperkirakan laba inti tahunan berada di ujung atas pandangan pasar, karena krisis biaya hidup di Inggris memusatkan pikiran konsumen pada penghematan uang.

Perusahaan lain yang mengoperasikan situs perbandingan termasuk Uswitch, Compare the Market dan GoCompare, yang dimiliki oleh Future, yang sahamnya turun lebih dari 3%.

Tahun lalu, 29,4% konsumen Inggris membeli asuransi rumah tangga melalui situs perbandingan harga di Inggris, menurut perusahaan analitik GlobalData.

Penanggung khawatir bahwa perusahaan teknologi akan mencuri pawai bisnis mereka, dan tertarik untuk bermitra dengan mereka, menawarkan komisi untuk menjual produk mereka.

“Portal Amazon adalah langkah menarik bagi industri," kata Simon Hird, direktur kemitraan di LV= General Insurance.

“Situs ini akan memberi pelanggan asuransi lebih banyak pilihan tentang bagaimana mereka membeli pertanggungan,” kata Charles Offord, direktur pelaksana, Co-op Insurance, yang dikutip Reuters.

Sementara CEO Ageas UK Ant Middle mengatakan pasar asuransi membutuhkan "platform distribusi digital baru dan progresif" seperti Amazon.

Amazon telah mempertimbangkan untuk meluncurkan situs perbandingan di Inggris selama beberapa tahun. Reuters melaporkan secara eksklusif tentang rencananya pada tahun 2018.

Portal baru, Amazon Insurance Store, juga akan mencakup ulasan dan penilaian pelanggan pada perusahaan asuransi dan tingkat di mana klaim diterima untuk kebijakan yang ditawarkan.

Amazon bermitra dengan pialang Lloyd, Superscript, tahun lalu untuk menawarkan asuransi kepada pelanggan bisnis Inggris skala kecil dan menengah.

Mereka mulai menawarkan asuransi kendaraan bermotor di India pada tahun 2020 melalui Acko General Insurance dan juga menyediakan asuransi garansi produk di Eropa. Mereka juga meluncurkan skema beli sekarang bayar nanti di Inggris dengan Barclays tahun lalu.