Penting Dicatat! 9 Tip Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Para Pemula
Ilustrasi asuransi (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum memutuskan, ada baiknya mengetahui tip memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan Anda.

Tip tersebut secara tidak langsung akan membantu Anda dalam mempertimbangkan berbagai produk asuransi kesehatan ada saat ini.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan adalah jaminan pembiayaan pengobatan kepada tertanggung yang meliputi biaya rawat di rumah sakit, biaya bedah, dan biaya penebusan obat. Asuransi kesehatan ini penting karena membantu Anda meringankan beban keuangan yang harus dikeluarkan ketika pemegang asuransi membutuhkan fasilitas kesehatan tertentu.

Tip Memilih Asuransi Kesehatan

Seperti diketahui, biaya rumah sakit terus mengalami kenaikan. Sedangkan kondisi keuangan tidak selalu stabil. Ada kemungkinan Anda akan mengalami kondisi finansial yang sulit namun harus mengeluarkan biaya rumah sakit yang tidak sedikit. Di sini peran asuransi kesehatan bisa dirasakan.

Anda disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan yang baik. Untuk memilihnya, simak tip memilih asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga.

  1. Pertimbangkan Kondisi

tip pertama sebelum memilih asuransi kesehatan adalah mempertimbangkan kondisi Anda. Kondisi bisa mengacu pada diri sendiri atau keadaan di sekitar lingkungan Anda. Misalnya, Anda harus mempertimbangkan asuransi yang memberikan penawaran terbaik untuk Anda yang sudah berkeluarga, atau tawaran paling ringan untuk Anda yang masing sendiri.

Selain itu pertimbangkan pula kondisi lingkungan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih asuransi kesehatan terbaik yang akan membantu biaya perawatan saat terjangkit COVID-19 di tengah pandemi.

  1. Pilih Asuransi Kesehatan Terfokus

Anda disarankan untuk memilih perusahaan yang benar-benar menyediakan asuransi kesehatan, bukan asuransi umum yang menyediakan layanan kesehatan sebagai tambahan.

  1. Riset dengan Membandingkan Produk

Membandingkan produk asuransi kesehatan juga tak kalah penting mengingat saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan. Perbandingan bisa dilakukan dari berbagai macam aspek seperti legalitas, harga, dan sebagainya. Anda bisa mencari informasi di situs resmi produk asuransi yang akan dibandingkan.

  1. Ketahui Perlindungan yang Disediakan

Calon pemegang asuransi juga disarankan untuk mengetahui perlindungan apa saja yang disediakan oleh asuransi. Setelah itu Anda bisa menyesuaikan tawaran perlindungan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki riwayat medis penyakit tertentu. Maka disarankan untuk mencari produk asuransi yang menyediakan perlindungan terkait riwayat medis Anda.

  1. Perhatikan Kanal Keluhan

Anda disarankan untuk memperhatikan ketersediaan dan pemrosesan keluhan yang ditujukan kepada pihak asuransi. Keluhan ini menjadi sangat penting karena kinerja asuransi akan berkaitan langsung dengan kondisi Anda ketika membutuhkan fasilitas kesehatan tertentu.

  1. Bandingkan Mitra Rumah Sakit

Asuransi kesehatan tentu akan bermitra dengan rumah sakit. Untuk itu Anda harus tahu rumah sakit yang menjadi mitra asuransi. Perhatikan pula apakah rumah sakit yang menjadi mitra tersedia di kota Anda. Selain itu perhatikan pula kredibilitas rumah sakit.

  1. Perhatikan Kemudahan Klaim

Kemudahan prosedur klaim asuransi juga harus diperhatikan. Anda tidak disarankan untuk memilih asuransi yang mengharuskan pihak tertanggung menyediakan berbagai syarat administrasi yang terkesan ribet.

  1. Jangan Sungkan Bertanya ke Customer Service

Setiap perusahaan asuransi menyediakan customer service. Melalui kanal tersebut Anda bisa menanyakan produk asuransi yang ditawarkan. Anda bisa bertanya apapun terkait asuransi secara gratis. Anda juga tak diwajibkan mendaftar ke asuransi terkait meski banyak pertanyaan yang ditanyakan ke customer service.

  1. Cek Testimoni

Testimoni dari pengguna asuransi lain bisa bisa menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa mencari testimoni melalui website, media sosial, google maps, dan lain sebagainya.

Itulah informasi terkait tip memilih asuransi kesehatan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.