Intip Jeroan Gahar iPad Pro yang Dibekali Chip Anyar M2
Apple membekali iPad Pro baru dengan chipset M2. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akhirnya membekali iPad Pro baru dengan chipset gaharnya M2 di kedua versi 11 inci dan 12,9 inci, yang sebelumnya hanya disematkan pada Mac. Chip M2, dikenal dengan kinerja yang lebih mumpuni dari M1.

Dibangun menggunakan teknologi 5-nanometer (nm) generasi kedua, chip tersebut terdiri dari 20 miliar transistor yang membuatnya 25 persen lebih banyak dari M1.

Hadirnya transistor tambahan dapat meningkatkan fitur di seluruh chip, termasuk pengontrol memori yang memberikan bandwidth memori 100GB per detik. Dan dengan memori terpadu hingga 24GB, M2 diklaim bisa menangani beban kerja yang lebih besar dan kompleks.

M2 memiliki CPU 18 persen lebih cepat dari pendahulunya. Dibandingkan dengan chip laptop PC 10-inti terbaru, CPU di M2 memberikan kinerja hampir dua kali lipat pada tingkat daya yang sama.  M2 menghadirkan kinerja puncak chip PC dengan hanya menggunakan seperempat daya.

Begitu pun dengan GPU 10-core-nya yang juga akan memberikan kinerja grafis hingga 35 persen lebih cepat. Dibandingkan dengan grafis terintegrasi dari chip laptop PC terbaru, GPU di M2 memberikan kinerja 2,3 kali lebih cepat, dan menyamai kinerja puncaknya dengan menggunakan seperlima daya.

Performa per watt yang lebih tinggi dari M2 membuat masa pakai baterai lebih lama, bahkan saat mengoperasikan gim intensif grafis atau mengedit gambar RAW yang masif, chip M2 masih berjalan mulus.

Melansir Engadget, Rabu, 19 Oktober, di iPad Pro M2, Apple mengklaim pengguna akan mendapatkan hingga 10 jam browsing web dan penggunaan video melalui WiFi di kedua versi tablet. Selama sembilan jam penuh penggunaan, pengguna dapat menjelajah web melalui koneksi seluler.

Lebih lanjut, Apple mengatakan terdapat mesin media baru serta prosesor sinyal gambar. Fitur ini dapat mendukung pengambilan video ProRes di iPad untuk pertama kalinya.

iPad Pro akan dapat mentranskode rekaman ProRes hingga tiga kali lebih cepat daripada di masa lalu juga. Dikatakan Apple, pengguna akan dapat menangkap, mengedit, dan mempublikasikan video seperti bioskop dari satu perangkat di lapangan.

Sebab, iPad Pro M2 didukung dengan lima mikrofon kualitas studio, jadi pengguna dapat merekam audio yang tajam. Pengaturan quad-speaker juga memiliki dukungan Dolby Atmos.

Dibekali juga dengan WiFi 6E, menjadikannya iPad Pro pertama yang memiliki teknologi tersebut. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencapai kecepatan unduh hingga 2,4 Gb/s, yang dua kali lebih cepat dari iPad Pro generasi sebelumnya.

Model dengan konektivitas seluler akan bekerja dengan lebih banyak jaringan 5G di seluruh dunia. Namun, dukungan untuk pita frekuensi mmWave hanya akan tersedia di Amerika Serikat (AS) dan Puerto Rico.

Menariknya, iPad Pro M2 ini membawa Apple Pencil generasi kedua. Dengan begitu, pengguna dapat melihat pratinjau tanda apa pun yang ingin dibuat sebelum benar-benar menerapkannya. Kemudian, saat pengguna meletakkan Apple Pencil di dekat aplikasi Scribble, bidang teks akan diperluas secara otomatis. Apple mengatakan tulisan tangan juga dapat diubah menjadi teks lebih cepat.