Begini Cara Sederhana Pulihkan Jendela <i>Browser</i> yang Tidak Sengaja Tertutup
Cara mengembalikan tab browser yang hilang (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian tab browser yang Anda buka pasti adalah halaman penting. Masuk akan jika Anda cemas ketika Anda secara tidak sengaja menutup semua tab pencarian Anda hanya karena satu klik yang salah.

Untungnya, pengguna Chrome memiliki jaringan pengaman internal yang dirancang untuk mengembalikan hasil pencarian secara instan. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk memulihkan jendela browser yang baru saja Anda tutup dengan semua tab:

  1. Klik tiga titik di sudut kanan atas jendela Chrome yang terbuka.
  2. Arahkan kursor ke Riwayat.
  3. Klik opsi pertama pada menu drop-down di bawah Baru Ditutup untuk membuka jendela terakhir yang Anda tutup. (Jika jendela yang baru saja ditutup memiliki banyak tab, jumlah tab akan ditampilkan di menu drop-down.)
  4. Selanjutnya klik pada Pulihkan Jendela.

Ada cara untuk membuat proses ini lebih sederhana, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Control/Command + Shift + T, yang akan menampilkan jendela semua tab yang baru saja Anda tutup.

Namun, jika Anda ingin beristirahat lebih mudah, Anda dapat membuat perlindungan tambahan untuk mempertahankan dan memulihkan tab yang paling sering Anda kunjungi menggunakan fitur "bookmark semua tab" Chrome. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka jendela browser Anda dan atur tab Anda seperti yang Anda inginkan.
  2. Arahkan ke menu drop-down Chrome yang sama seperti di atas dan arahkan kursor ke Bookmark.
  3. Klik Bookmark Semua Tab.
  4. Chrome akan membuka permintaan untuk mem-bookmark semua tab ke folder bookmark baru atau yang sudah ada.
  5. Sekarang Anda dapat memulihkan jendela browser apa pun dalam hitungan detik, kapan saja, dengan tab favorit yang diatur sesuai keinginan Anda.