Sekarang Anda Bisa Bermain <i>VR Games</i> Hanya Menggunakan <i>Browser</i>, Begini Caranya
Gim VR bisa dimainkan melalui web browser di Construct Arcade (Foto: dok. pribadi/Screenshot)

Bagikan:

JAKARTA - Gim VR seringkali mahal. Selain gim itu sendiri, Anda memerlukan headset VR yang kompatibel. Gim VR juga terkadang membutuhkan unduhan aplikasi yang besar. Untungnya, saat ini banyak kumpulan gim imersif gratis yang dapat Anda mainkan langsung di browser web Anda.

Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya, sehingga Anda tidak perlu memiliki VR headset atau membeli gim VR untuk dimainkan dalam Construct Arcade.

Menggunakan Construct Arcade adalah salah satu cara untuk melakukannya. Yang Anda butuhkan hanyalah web browser! Berikut ini adalah panduan cara menggunakannya, yang telah dirangkum dari MakeUsOf.

Apa itu Construct Arcade?

Construct Arcade adalah situs web yang menampilkan banyak gim Web 3D. Gim-gim ini mengandalkan pemodelan 3D dan lingkungan virtual untuk menciptakan pengalaman imersif melalui komputer desktop dan bahkan perangkat seluler. Namun, pengalaman ini akan benar-benar bersinar saat Anda menggunakan headset VR.

Construct Arcade adalah tempat yang menyenangkan bagi para gamer untuk menemukan banyak koleksi gim yang imersif. Jika Anda seorang pengembang, Construct Arcade dapat bekerja untuk Anda dalam menerbitkan judul imersif yang telah Anda buat untuk web imersif atau headset VR.

Banyak gim yang tersedia dalam Construct Arcade, terutama gim bergaya arcade, seperti namanya. Selain itu, terdapat juga jenis gim lainnya seperti gim pikirkan ritme, dan permainan puzzle, adaptasi meja, dan penembak sederhana.

Apakah Construct Arcade Gratis?

Construct Arcade gratis untuk digunakan, dan semua gim gratis untuk dimainkan. Bahkan, Anda tidak perlu membuat akun atau masuk (login).

Jika Anda membuat akun, Anda dapat memposting skor tinggi. Anda juga dapat membeli token yang dapat Anda belanjakan untuk item dalam gim. Selain token, Construct Arcade dapat menghasilkan uang melalui iklan spanduk di situs web utama, dan perusahaan dapat menyewa ruang untuk iklan di sekitar menu dalam gim.

Bagaimana Memainkan gim di Construct Arcade?

Anda dapat mengakses Construct Arcade melalui browser web apapun seperti browser VR di headset favorit Anda atau browser stok di komputer atau perangkat seluler Anda.

Cara Memainkan Game Build Arcade di Browser Normal

Untuk memainkan gim Construct Arcade di browser 2D biasa, buka browser dan buka Constructarcade.com. Dari sana, Anda dapat melihat pratinjau thumbnail dari gim yang tersedia. Gim  paling populer saat ini juga menggulir spanduk di bagian atas halaman.

Tidak semua gim di Construct Arcade berfungsi dalam mode 2D. Misalnya, beberapa gim memang memerlukan pelacakan tangan, yang hanya dapat dilakukan dengan headset VR seperti Oculus Quest 2.

Gim yang bekerja pada browser 2D mungkin juga memiliki perintah keyboard yang tidak biasa. Gim sederhana di Construct Arcade biasanya dapat ditemukan di keyboard atau bahkan di ponsel cerdas Anda dengan sedikit coba-coba. Permainan akan menjadi lebih rumit dan memerlukan perjalanan ke menu untuk instruksi masukan.

Cara Memainkan Game Build Arcade di Browser VR

Untuk memainkan gim Construct Arcade di browser VR, buka browser dan buka situs resminya seperti yang Anda lakukan di browser 2D. Menu dan awal sangatlah mirip.

Ketika Anda telah menemukan permainan yang ingin Anda mainkan, Anda cukup klik saja permainan tersebut. Dan setelah dimuat, Anda akan melihat tombol di bagian bawah jendela yang bertuliskan VR. Pilih tombol ini untuk melampaui layar penuh dan memasuki gim yang imersif.

Karena sebagian besar gim memiliki gaya "arcade" yang cukup sederhana, gim tersebut memiliki halaman instruksi yang minimal. Namun, kontrol untuk gim versi VR selalu lebih mudah dipahami daripada kontrol keyboard saat bermain dalam 2D.