Bagikan:

JAKARTA- Roket Epsilon milik badan antariksa Jepang mengalami kegagalan sesaat  setelah diluncurkan pada Rabu, 12 Oktober. Hal ini dilaporkan oleh Kyodo News dan media domestik lainnya.

Menurut laporan Kyodo, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) mengirim sinyal perintah penghancuran ke roket setelah mendeteksi masalah. Penyiar publik NHK juga mengatakan sinyal itu dikirim setelah JAXA menetapkan bahwa roket tidak dapat terbang dengan aman.

Itu adalah kegagalan pertama peluncuran roket besar Jepang sejak 2003, dan yang pertama dari seri roket Epsilon.

Kegagalan ini telah menandai sebuah  kemunduran yang dilakukan JAXA, dalam persaingan mereka untuk penelitian dan misi-misi luar angkasa. Pasalnya di AS sendiri kini sudah terdapat beberapa pihak swasta yang sudah sukses untuk meluncurkan roket ke luar angkasa bahkan ke orbit  bulan.

JAXA yang kala peluncuran membuat live streaming acara tersebut, akhirnya membatalkannya. Bahkan sepotong video yang menunjukkan adanya kegagalan itu di channel Youtube mereka, kini juga sudah dihapis.  

Belum diketahui kapan Jepang dan JAXA akan kembali meluncurkan roket mereka untuk misi ke luar angkasa terbaru. Namun ini bisa berarti harus dilakukan kembali dalam beberapa tahun mendatang dengan jenis roket yang sama.