Bagikan:

JAKARTA - Mengambil tangkapan layar atau screenshot adalah salah satu cara termudah untuk berbagi konten dari satu media ke media lain, terutama di Twitter.

Namun, sekarang, tampaknya platform media sosial itu telah meluncurkan kemampuan yang secara tidak langsung menyuruh pengguna aktif Twitter untuk membagikan kicauan ketimbang  mengambil tangkapan layar.

Ditemukan pertama kali oleh seorang konsultan media sosial Matt Navarra di Twitter, ia membagikan sebuah gambar di mana Twitter memperlihatkan pop-up kecil bertuliskan "share tweet instead?" setelah ia mengambil tangkapan layar suatu tweet.

"Twitter tidak ingin Anda menangkap layar kicauan lagi. Ia ingin pengguna aktif Twitter melihat kicauan alih-alih dari tangkapan layar di platform saingan," tulis Navarra.

Kemudian, ada balasan dari pengguna Twitter lain yang juga mendapatkan pembaruan seperti Navarra. Namun, ada juga yang tidak.

Ternyata, kemampuan tersebut masih dalam tahap uji coba ke beberapa pengguna iOS yang beruntung saja.

"Kami sedang menguji permintaan baru ini dengan sekelompok kecil orang di iOS untuk memberitahu mereka bahwa ada cara lain untuk berbagi kicauan dengan teman-teman mereka,” kata juru bicara Twitter kepada TechCrunch.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya ingin membuat kicauan dapat diakses oleh semua orang, bahkan ketika mereka meninggalkan platformnya, dan memungkinkan orang lain dengan mudah kembali ke percakapan penuh di Twitter.

Kemampuan baru yang sedang dalam uji coba ini bisa menjadi salah satu cara bagu Twitter untuk menarik lebih banyak orang menggunakan aplikasinya.