Bagikan:

JAKARTA – Tampilan layar dan fitur di perangkat Android dan iOS tentu berbeda. Perangkat Android bisa melakukan screenshot atau tangkapan layar dengan mudah, begitu pun dengan iPhone buatan Apple.

Jika sebelumnya Anda pengguna Android dan baru beralih ke iOS, Anda mungkin belum tahu bagaimana cara menangkap layar dalam tampilan penuh atau satu halaman. Berikut ini cara menangkap layar bergulir, dikutip dari 9to5mac.

Fitur Tangkapan Layar Bergulir

Tangkapan layar dengan metode bergulir biasanya dilakukan saat Anda membuka situs web, dokumen, atau media apa pun yang perlu menggulir layar. Anda bisa menangkap layar bergulir dengan mudah melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka situs web, dokumen, atau media apa pun.
  2. Ambil tangkapan layar dan tunggu pratinjaunya muncul.
  3. Ketuk pratinjau di sudut kiri bawah sebelum menghilang.
  4. Di sudut kanan atas, ketuk opsi Full Page atau Halaman Penuh.
  5. Layar akan menampilkan pratinjau tangkapan layar seluruh halaman.
  6. Jika ingin memotong, ketuk ikon potong di sudut kanan atas layar.
  7. Jika ingin langsung menyimpan, ketuk Selesai di pojok kiri atas.

Selain menggunakan fitur bawaan dari iPhone, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan beberapa pilihan menarik. Biasanya, aplikasi tangkapan layar pihak ketiga akan menawarkan format penyimpanan media.

Tangkapan layar halaman penuh yang Anda simpan bisa diubah menjadi PNG, JPG, JPEG, dan lainnya. Ada dua pilihan aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store, yaitu Picsew dan Tailor. Anda bisa memilih mana aplikasi terbaik yang bisa digunakan.