Tesla Kirimkan Truk Semi Listrik Pertamanya ke Pepsi Awal Desember Ini
Truk Semi Tesla akan dikirimkan pada 1 Desember (foto: Teslarati)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk mengumumkan bahwa merek mobil listriknya, Tesla telah memulai produksi Tesla Semi Truck yang telah lama ditunggu-tunggu, dan berencana untuk mulai mengirimkannya ke Pepsi pada 1 Desember mendatang.

Perusahaan minuman itu sudah memesan 100 kendaraan transportasi listrik pada Desember 2017 saat Tesla mengumumkannya pertama kali. Tapi sayangnya, truk listrik kelas 8 yang seharusnya diluncurkan pada 2019 ini harus tertunda selama bertahun-tahun.

Dengan senang hati mengumumkan dimulainya produksi Tesla Semi Truck dengan pengiriman ke Pepsi pada 1 Desember,” tulis Musk di Twitter pada Jumat, 7 Oktober.

Melansir The Verge, Tesla menjanjikan bahwa truk semi ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam 20 detik bahkan ketika "beban penuh" dan mempertahankan kecepatan tingkat jalan raya bahkan di tanjakan yang curam.

Lebih dari itu, truk ini diklaim dapat mengisi ulang hingga 70 persen dari jangkauan 300 atau 500 mil dalam 30 menit saja. “Jangkauan 500 mil dan sangat menyenangkan untuk dikendarai,” ujar Musk.

Namun, Elon Musk secara mengejutkan mengumumkan pada bulan Agustus bahwa Tesla Semi benar-benar akan mulai dikirimkan akhir tahun ini.

Truk listrik Semi Tesla sedang diproduksi di Nevada dekat Gigafactory Tesla. Tahun lalu, Electrek secara eksklusif melaporkan bahwa Tesla sedang membangun jalur produksi untuk Tesla Semi di gedung baru di dekat Gigafactory.

Saat itu, mereka melaporkan bahwa Tesla akan memproduksi sekitar 5 truk listrik per minggu. Pemimpin mobil listrik itu juga berencana untuk pindah ke produksi volume yang lebih tinggi di Gigafactory Texas.

Perusahaan berencana menggunakan 15 truk tersebut untuk proyek mengubah lokasi Frito-Lay Modesto, California, menjadi fasilitas tanpa emisi. Tahun lalu, PepsiCo mengatakan akan menerima pengiriman 15 truk Tesla Semi itu pada akhir tahun sebelum ditunda lagi.