Karyawan Twitter Pasrah Perencanaan Mereka untuk Tahun Depan Bisa Bubar Gegara Elon Musk
Karyawan Twitter skeptis terhadap rencana Elon Musk. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa karyawan Twitter mulai terlibat dalam proses perencanaan di seluruh perusahaan untuk tahun depan pada Selasa, 4 Oktober  ketika telepon mereka mulai berdengung karena adanya berita bahwa Elon Musk telah kembali mengubah arah dalam tawarannya 44 miliar dolar AS untuk membeli perusahaan itu.

Kali ini, kesepakatan itu terjadi. Namun rencana yang sedang mereka presentasikan, mungkin saja justru tidak terjadi. Apalagi jika Musk benar-benar ingin mewujudkan Twitter sebagai aplikasi X yang bisa menjawab segalanya.

Seorang karyawan menggambarkan jeda singkat dalam rapat untuk mencatat berita, kemudian dilanjutkan dengan diskusi. "Kurasa semua orang sudah terbiasa dengan drama itu," kata orang tersebut, seperti dikutip Reuters. "Kami hanya ikut dalam perjalanan."

Kecaman selama berbulan-bulan atas kesepakatan itu telah membuat karyawan terbiasa dengan ketidakpastian. Bahkan banyak yang menyambut berita tentang proposal Musk untuk kembali ke tawaran aslinya dengan perasaan deja vu.

Sejak orang terkaya di dunia mengungkapkan pada April lalu bahwa ia telah mengakuisisi saham di platform media sosial, Musk telah menerima dan menolak kursi di dewan Twitter, meluncurkan tawaran untuk menjadikan perusahaan itu pribadi dan mencoba untuk mundur dari kesepakatan sama sekali.

Perusahaan media sosial itu hanya mengejar sekitar setengah dari proyek yang biasanya dilakukan karena ketidakpastian tentang berapa banyak karyawan yang akan melarikan diri, dan untuk memastikannya dapat memenuhi komitmen.

Banyak yang meledak di platform yang mereka jalankan, men-tweet tentang kebingungan mereka dan menganggap kesia-siaan tentang perencanaan masa depan Twitter ketika Musk diharapkan untuk menyerukan perubahan seismik dalam cara kerja Twitter.

"Semua saraf yang lelah, semua ketidakpastian, semua kekhawatiran, semua bolak-balik dan bolak-balik, orang-orang yang saya sayangi berjuang dan cemas," cuitan dari JP Doherty, seorang manajer teknik di Twitter. "Dan kami baru saja kembali ke tempat awalnya, mungkin. Luar biasa."

Beberapa staf men-tweet meme yang menunjukkan kertas berlabel "Perencanaan 2023," dengan karakter kartun yang pertama-tama berseru "woah" dan kemudian mengatakan "ini tidak berharga."

Meme lain yang populer di kalangan karyawan Twitter menunjukkan karakter dari acara kartun

SpongeBob SquarePants, dengan satu berlabel Elon dan yang lainnya berlabel Jack, untuk pendiri dan mantan CEO Twitter Jack Dorsey, yang secara terbuka mendukung tawaran Musk.

Keduanya berdiri sambil tersenyum saat gedung-gedung terbakar di sekitar mereka. "Kami berhasil, Elon! Kami menyelamatkan Twitter," tulis keterangan tersebut.

Beberapa karyawan di saluran internal Slack Twitter menyesalkan bahwa mereka telah menjual beberapa saham Twitter sehari sebelumnya, sebelum kembalinya Musk ke kesepakatan yang mendorong saham melonjak lebih dari 22%.

Yang lain menyatakan skeptis bahwa Musk akan memenuhi tawarannya, setelah begitu banyak ketidakpastian.

"Tidak akan terkejut jika ini adalah taktik penundaan untuk mendapatkan lebih banyak waktu untuk penemuan percobaan dan dia akan mundur lagi setelah satu bulan atau lebih," tulis seorang karyawan di Slack.