Kesepakatan Elon Musk dan Twitter Membuat Pemegang Saham Tesla Khawatir, Ini Penyebabnya
Tesla bisa jadi korban kesepkatan Elon Musk dan Twitter. (foto: twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Perubahan suasana hati Elon Musk atas kesepakatan Akuisisinya pada Twitter Inc disambut dengan gelombang kenaikan harga pada saham perusahaan media sosial itu. Namun demikian investor Tesla mulai khawatir bahwa miliarder itu bakal semakin miskin.

Musk, yang menjual saham Tesla Inc senilai lebih dari 15 miliar dolar AS pada awal tahun untuk mendanai kesepakatan dengan Twitter, telah mengancam akan membatalkan pengambilalihan. Ia menyatakan keberatan dengan sejumlah besar akun palsu dan hal ini mengundang gugatan dari Twitter untuk memaksanya menutup kesepakatan  dengan harga penawaran awal sebesar 44 miliar dolar AS.

Meskipun belum ada tanda-tanda bakal ada penjualan saham potensial dari Musk di Tesla, namun analis Wedbush, Dan Ives, memperingatkan bahwa minat CEO Tesla untuk menutup kesepakatan akan membebani saham Tesla.

"Kami melihat dampak yang tersisa dari penjualan saham Musk sebagai hambatan yang hilang, tetapi kekhawatiran besar adalah Musk menyulap terlalu banyak bola pada saat yang sama," kata Ives. "Kami melihat manfaat minimal bagi Musk yang memiliki Twitter untuk investor Tesla ke depan."

Musk juga mengepalai perusahaan manufaktur pesawat luar angkasa SpaceX dan merupakan salah satu pendiri perusahaan neuroteknologi Neuralink dan The Boring Company.

Saham Twitter, yang ditutup pada level tertinggi sejak April, turun sekitar 2% pada Rabu, 5 Oktober sementara Tesla turun hampir 6%.

Setidaknya tiga analis menaikkan target harga mereka di saham Twitter agar sesuai dengan harga penawaran Musk setelah dia menunjukkan minat baru untuk membeli perusahaan pada Selasa, 4 Oktober.

Art Hogan, kepala strategi pasar di B. Riley Wealth di Boston, memperkirakan bahwa Musk mungkin perlu menjual saham tambahan di Tesla senilai 2 miliar dolar AS, tetapi mengatakan akan sulit untuk mengetahui apakah dia akan menjual lebih banyak saham menjelang hasil kuartalan perusahaan. Tesla diperkirakan akan melaporkan hasil kuartalannya pada 19 Oktober.

Perbaiki Twitter

Musk, seorang "absolut kebebasan berbicara" yang menggambarkan dirinya sendiri dan pengguna Twitter terkemuka, telah kritis terhadap platform media sosial itu. Dia telah menyebut platform micro-blogging tidak melakukan cukup banyak usaha dalam kebebasan berbicara, sambil mengkritik kebijakan moderasi kontennya.

Pada Juli lalu, Musk mengatakan dia bisa pergi tanpa penalti karena jumlah akun bot jauh lebih tinggi dari perkiraan Twitter yang hanya kurang dari 5% dari pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi.

Bot adalah akun otomatis dan penggunaannya dapat menyebabkan perkiraan yang berlebihan tentang jumlah orang yang menggunakan layanan, faktor kunci dalam menentukan tarif iklan dan nilai keseluruhan layanan.

Saat Musk berupaya memangkas biaya, memperbaiki masalah yang terkait dengan akun bot, dan menemukan cara baru untuk memonetisasi layanan. Ia juga harus menghadapi tantangan tambahan untuk menavigasi lingkungan ekonomi yang tidak pasti.

"Tugas Musk akan sulit di masa normal, tetapi memiliki beban tambahan sekarang untuk menghadapi tantangan ini ke dalam latar belakang ekonomi makro yang memburuk dan tidak pasti," kata analis Rosenblatt Securities Barton Crockett.