Bagikan:

JAKARTA - Platform peminjaman kripto, Celsius, telah mengalami kebangkrutan pada Juli lalu karena terdampak anjloknya Terra LUNA pada bulan Mei. Sementara menurut laporan terbaru, pendiri dan CEO Celsius Network Alex Mashinsky diketahui melakukan penarikan dana sejumlah 10 juta dolar AS (setara Rp153 miliar). Penarikan tersebut dilakukan Mashinsky sebelum Celsius bangkrut.

Berdasarkan laporan Financial Times pada Minggu 2 Oktober 2022, mencatat bahwa pendiri Celsius, Alex Mashinsky, telah menarik dana senilai 10 juta dolar dalam bentuk cryptocurrency hanya beberapa pekan sebelum penarikan (withdrawal) dana pengguna dibekukan.  

Pada Juni 2022, platform peminjaman kripto Celsius Network telah membekukan penarikan dana milik penggunanya dengan alasan masalah likuidasi. Sebulan kemudian perusahaan mengajukan kebangkrutan.

Di sisi lain, Mashinsky mencairkan mata uang kriptonya sekitar bulan Mei 2022. Pengungkapan penarikan ini kemungkinan akan mengintensifkan pengawasan terhadap Mashinsky. Ini juga menimbulkan pertanyaan apakah Mashinsky sudah mengetahui bahwa Celsius akan bangkrut dan sadar bahwa ia tidak akan dapat mengembalikan aset kepada pelanggannya.

Melansir CoinSpeaker, Celsius Network akan menyerahkan rincian transaksi Mashinsky ke pengadilan dalam beberapa hari mendatang. Ini adalah bagian dari pengungkapan yang lebih intensif mengenai urusan keuangannya di Celsius Network. Seorang juru bicara CEO Celsius mengatakan bahwa Mashinsky dan keluarganya masih memiliki 44 juta dolar dalam aset kripto yang dibekukan dengan Celsius.

“Pada pertengahan hingga akhir Mei 2022, Mr. Mashinsky menarik persentase cryptocurrency di akunnya, yang sebagian besar digunakan untuk membayar pajak negara bagian dan federal. Dalam sembilan bulan menjelang penarikan itu, ia secara konsisten menyetor cryptocurrency dalam jumlah yang totalnya sama dengan apa yang ia tarik pada bulan Mei. Dia terus berkomitmen untuk bekerja dengan dan menyatukan komunitas di sekitar rencana pemulihan yang akan memaksimalkan koin dan likuiditas untuk semua orang," kata juru bicara Mashinsky.

Sejak runtuhnya pemberi pinjaman kripto Celsius Network, Mashinsky telah menghadapi tuduhan besar. Kembali pada bulan Agustus, muncul laporan bahwa Mashinsky terlalu banyak mencampuri panggilan perdagangan dari tim di Celsius. Selain itu, sumber lain juga menyatakan bahwa Mashinsky kerap memerintahkan para trader untuk memperdagangkan pesanan kriptonya berdasarkan informasi yang keliru. Akibatnya, Celsius Network dilaporkan kehilangan lebih dari 50 juta dolar AS.

Dalam perkembangan terbaru mengenai penarikan 10 juta dolar AS oleh Mashinsky sebelum perusahaan kolaps, dana tersebut berpotensi untuk dikembalikan. Sesuai hukum AS, pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan 90 hari sebelum kebangkrutannya dapat ditarik kembali untuk kepentingan semua kreditor.

Sekitar 8 juta dolar AS dari aset yang ditarik Mashinsky telah digunakan untuk membayar pajak pendapatan yang didapat dari aset yang dihasilkan di Celsius. Sisa 2 juta dolar dalam bentuk token $ CEL. Itu juga merupakan penarikan yang telah direncanakan sebelumnya terkait dengan perencanaan penambangan kripto Mashinsky. Pada pekan lalu, Mashinsky mengumumkan pengunduran diri dari jabatan CEO Celsius Network.