Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan peminjaman kripto Celsius Network telah mengalami kebangkrutan. Karenanya, pendiri dan CEO Celsius Alex Mashinsky mengumumkan pengunduran diri dari perusahaan. Selain itu, dia juga menyampaikan permintaan maafnya gegara kondisi keuangan yang menyulitkan perusahaan.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2022, Celsius menangguhkan penarikan dan transfer dana dalam platformnya. Sebulan kemudian, tepatnya pada 13 Juli 2022, perusahaan peminjaman kripto itu mengajukan perlindungan kebangkrutan. Hingga saat ini dana investor belum bisa dilunasi oleh perusahaan.

Namun, menurut informasi yang beredar, eksekutif Celsius menyarankan perusahaan mungkin mencoba memanfaatkan kripto IOU untuk membayar kembali investor. Tiga hari setelah laporan itu mencuat, CEO Celsius Network Alex Mashinsky mengatakan kepada publik dalam siaran pers bahwa dia telah mengundurkan diri dari jabatannya.

“Efektif secepatnya, mohon terima pengunduran diri saya sebagai CEO Celsius Network Ltd, serta jabatan direktur dan posisi saya lainnya di setiap anak perusahaan langsung dan tidak langsungnya, dengan pengecualian posisi direktur saya di Celsius Network Ltd,” tulis Mashinsky dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Selasa.

Selanjutnya dia mengungkapkan permohonan maaf karena perannya sebagai CEO di perusahaan membuat kondisi keuangan perusahaan jadi lebih sulit.

“Saya mohon maaf bahwa peran saya yang berkelanjutan sebagai CEO telah menjadi gangguan yang semakin meningkat, dan saya sangat menyesal dengan keadaan keuangan yang sulit yang dihadapi anggota komunitas kami,” tambah Mashinsky.

Meski sudah melepas jabatannya, Mashinsky masih membantu perusahaan dan dewan penasihatnya supaya bisa mengembalikan cryptocurrency kepada para kreditor.

“Sejak jeda, saya telah bekerja tanpa lelah untuk membantu perusahaan dan penasihatnya mengajukan rencana yang layak bagi perusahaan untuk mengembalikan koin kepada kreditor dengan cara yang paling adil dan efisien. Saya berkomitmen untuk membantu perusahaan terus menyempurnakan dan mempromosikan rencana itu...” ujarnya.

Platform peminjaman kripto Celsius mengalami kebangkrutan karena banyak kreditor yang gagal menutup kerugian. Celsius terdampak anjloknya Terra LUNA pada Mei lalu. Sebagai informasi tambahan, Celsius Network didirikan pada 2017 oleh Alex Mashinsky, Daniel Leon, Nuke Goldstein. Perusahaan peminjaman kripto itu berkantor di Hoboken, New Jersey, AS.