Volume Perdagangan XRP Tiba-tiba Melonjak Lebih dari 500 Persen, Ada Apa?
Volume perdagangan XRP melonjak. (Foto; Dok. Gulf Insider)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah mengalami kenaikan lebih dari 10 persen dalam beberapa hari terakhir, saat ini XRP mengalami terkoreksi sebesar 6,2 persen dalam 24 jam terakhir berdasarkan data Coingecko. Meski mengalami penurunan, volume perdagangan XRP mengalami peningkatan signifikan.

Data dari CoinMarketCap menunjukkan bahwa peningkatan volulem perdagangan XRP mencapai lebih dari 500 persen. Kendati begitu, peningkatan itu tidak memicu pergerakan harga XRP. Saat penulisan, XRP diperdagangkan di harga Rp6.802 per koin. Performa harganya menurun sebesar 7,08 persen.

volume perdagangan XRP. (CoinMarketCap)
Volume perdagangan XRP. (CoinMarketCap)

Volatilitas yang lebih besar umumnya mengarah pada volume perdagangan yang lebih tinggi di pasar mana pun karena trader berpengalaman membeli dan menjual dalam jumlah besar untuk mendapatkan keuntungan. XRP adalah peraih keuntungan tertinggi di pasar pada 29 September karena harganya melonjak lebih dari 20 persen setelah kemenangan besar Ripple dalam perseteruan dengan Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) yang sedang berlangsung.

Dalam putusan pengadilan baru-baru ini, Hakim Distrik Torres memerintahkan SEC untuk menyerahkan email mantan karyawannya, William Hinman, ke Ripple, setelah banyak penundaan dari agensi tersebut. Meskipun pukulan balik terhadap SEC diharapkan oleh banyak orang, Penasihat Umum Ripple Stuart Alderoty berharap keputusan keenam ini akan menjadi keputusan terakhir untuk memungkinkan akses ke dokumen Hinman.

Dilansir U.Today, meningkatnya volume perdagangan XRP kemungkinan disebabkan oleh sejumlah investor yang membeli XRP pada posisi terendah saat ini. Di sisi lain, trader juga kemungkinan tergesa-gesa mengambil keuntungan dari kesempatan yang tersaji dalam volatilitas XRP.

Sementara menurut laporan Whale Alert, terdapat 231 juta XRP dipindahkan ke wallet lain dalam dua transaksi berbeda. Transaksi pertama memiliki 130.000.000 XRP senilai 63.447.589 dolar AS yang ditransfer antara dua dompet yang tidak diketahui, sedangkan transaksi kedua 101.000.000 XRP senilai 49.573.290 dolar AS dilaporkan beberapa jam sebelumnya. Sementara itu, 23.999.900 XRP lainnya senilai 11.489.021 dolar AS ditransfer dari dompet yang tidak dikenal ke FTX.