Bagikan:

JAKARTA – Kripto nomor dua berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Chainlink (LINK), resmi mengumumkan peluncuran program barunya yakni fitur staking melalui program yang disebut SCALE dan BUILD. Komunitas Chainlink sudah menanti-nantikan peluncuran staking ini.

Sebagai informasi, staking merupakan proses penguncian atau pertaruhan kripto dalam blockckhain yang digunakan untuk mengamankan atau memvalidasi transaksi dalam jaringan. Mereka yang mengunci koin dalam jangka waktu tertentu disebut validator. Para validator akan mendapat reward berupa koin kripto.

Program anyar tersebut merupakan bagian dari upaya Chainlink dalam Economics 2.0 yang ditujukan untuk mengamankan jaringan dan memberikan imbalan kepada para peserta melalui fitur staking ini. Lalu apa itu program SCALE dan BUILD?

Program SCALE Chainlink

Sebagaimana dilansir dari CryptoSlate, SCALE merupakan kepanjangan dari Sustainable Chainlink Access for Layer 1 and 2 Enablement. Ini adalah bagian dari inisiatif Economics 2.0 Chainlink yang dirancang untuk meningkatkan utilitas jangka panjang dan keberlanjutan layanan oracle-nya.

Chainlink SCALE dirancang untuk mengurangi biaya operasional menjalankan data oracle dengan membagi biaya di antara operator node proyek dan pengguna aplikasi terdesentralisasi (dApps). Proyek yang berpartisipasi akan menawarkan sebagian dari pendapatan mereka di LINK untuk menutupi biaya transaksi jaringan oracle Chainlink.

Sebagai gantinya, Chainlink akan membuka fitur dan solusi oracle tingkat lanjut untuk proyek-proyek tersebut. Pengembang bisa mendapatkan akses untuk mengubah konfigurasi agar sesuai dengan kebutuhan ekosistem mereka, seperti Data Feed untuk frekuensi pembaruan yang lebih tinggi. Chainlink akan bekerja dengan jaringan Avalanche, Metis, Moonbeam, dan Moonriver pada iterasi pertama program SCALE.

Program BUILD Chainlink

Build adalah program staking Chainlink yang ditujukan untuk sejumlah proyek tahap awal LINK. Dengan begitu, proyek-proyek baru Chainlink bakal bisa mendapatkan akses ke layanan Chainlink, dukungan teknis, dan komunitas yang berkembang untuk mempercepat perkembangan mereka.

Proyek yang berpartisipasi mempertaruhkan (stake) biaya jaringan mereka dalam token LINK asli Chainlink untuk memberikan insentif bagi peserta jaringan yang disebut para staker.

Untuk memulai program ini, Space and Time, Truflation, dan bitsCrunch-telah mengkonfirmasi partisipasi mereka. Staking pool awal telah dibatasi pada 25 juta token LINK dengan rencana untuk memperluasnya menjadi 75 juta pada tahap selanjutnya.

Proyek-proyek yang menggunakan program BUILD akan mendapatkan sejumlah manfaat termasuk akses prioritas ke peningkatan Chainlink dan dapat meningkatkan keamanan dalam jaringan.