Menonton Video di Twitter Kini Terasa Seperti Menjelajahi TikTok
Twitter tiru tampilan video mirip TikTok. (foto: dok. Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter sekarang bergabung dengan media sosial yang meniru satu elemen video pendek milik TikTok, pemutar video yang lebih mendalam atau immersive. Ini membuat pengguna lebih mudah untuk menemukan konten video di platform.

Perusahaan juga terlihat menyalin gerakan geser ke atas yang sekarang sudah dikenal dan memudahkan orang untuk menggulir lebih banyak video tanpa henti di Twitter.

Pembaruan ini akan membuat pengguna menonton video di Twitter terasa lebih seperti menjelajahi TikTok atau Reels Instagram, setidaknya dalam hal antarmuka pengguna.

"Kami ingin memudahkan semua orang untuk menggunakan layanan kami dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, dan video merupakan bagian penting dari itu," ujar Twitter dalam keterangannya.

Melansir Engadget, Jumat, 30 September, diketahui, Twitter telah lama mempromosikan video, terutama video langsung di berbagai bagian aplikasinya, meskipun tidak sepenuhnya menyalin TikTok seperti Instagram, ini jelas merupakan perubahan besar sampai saat ini, video sebagian besar merupakan bagian dari tweet.

Di samping itu, platform micro-blogging tersebut menyatakan mereka ingin menjadikan Twitter tempat terbaik untuk video. Dikutip dari The Verge, meskipun TikTok masih menjadi masalah besar, perusahaan media sosial lainnya tetap tidak selalu berhasil menirunya, seperti YouTube Shorts dan Instagram Reels.

Perusahaan mengatakan penampil media yang immersive akan mulai diluncurkan di aplikasi Twitter iOS selama beberapa hari ke depan dan video di tab Explore saat ini tersedia untuk orang-orang di negara tertentu yang menggunakan iOS atau Android.

Pembaruan tersebut akan datang kepada pengguna yang menggunakan aplikasi dalam bahasa Inggris terlebih dahulu.