Seperti TikTok, Pengguna Baru Twitter Bisa Jelajahi Tweet Tanpa Perlu Membuat Akun
Pengguna Twitter baru bisa jelajahi tweet tanpa harus membuat akun (foto: Twitter @wongmjane)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter dikabarkan sedang menguji coba fitur baru bernama "Try Twitter", khusus untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan Twitter dan belum memiliki akun. 

Alat baru Twitter ini pertama kali dilihat oleh peneliti aplikasi, Jane Manchun Wong pada empat hari lalu, dan kemudian Laura Burkhauser selaku manajer produk, akhirnya mengonfirmasi eksperimen tersebut.

Menurut Burkhauser, fitur ini akan memberikan pengguna baru kesempatan untuk melihat-lihat isi Twitter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat akun. 

"Tidak semua orang siap untuk mendaftar akun saat pertama kali mencoba Twitter. Tim kami ingin memberi orang cara mudah untuk membaca tweet dan mengalami Timeline," katanya di Twitter. 

Twitter mengatakan bahwa fungsionalitas dalam mencoba Twitter tanpa membuat akun akan terbatas, dan hanya memungkinkan mereka yang mengunduh aplikasi Twitter di iOS saja yang dapat membaca tweet dan mengikuti hingga 50 pengguna. 

Inovasi baru ini juga memungkinkan Anda untuk dapat mencari tweet, menjelajahi berita dan topik yang sedang tren, serta mendapatkan notifikasi. Namun, jika Anda ingin bertindak lebih lanjut seperti me-retweet, like, atau membalas tweet orang lain, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. 

Selain itu, meski fungsi personalisasi terbatas, pengguna Try Twitter akan dapat mengonfigurasi berdasarkan orang yang Anda ikuti dan tempat yang pernah Anda kunjungi. Anda dapat mengubah pengaturan lokasi di bawah Pengaturan dan privasi > Privasi dan keamanan > Konten yang Anda lihat > ​​Jelajahi pengaturan. 

Lebih lanjut, Burkhauser mengatakan bahwa uji coba ini hanya tersedia untuk sejumlah kecil pengguna iOS, namun tidak menyebutkan negara mana yang akan menerimanya. 

"Pada iterasi pertama ini cukup mendasar, tapi jika orang-orang memiliki pengalaman yang lebih baik dengan ini, kami ingin terus mengembangkannya," sambungnya. 

Uji coba seperti ini sebelumnya sudah dilakukan oleh aplikasi lain seperti TikTok. Jika Anda pengguna baru di TikTok, Anda akan dapat langsung melihat video-video di platform tanpa harus membuat akun.