Instagram Sempat Down, 24 Ribu Pengguna Terdampak Pemadaman
Instagram sempat padam selam lima jam. (foto: twitter @instagram)

Bagikan:

JAKARTA – Miliki sumber daya besar termasuk server dan teknologi yang canggih, tak membuat sebuah platform media sosial aman dari adanya pemadaman dalam aplikasi mereka. Ini juga terjadi pada raksasa teknologi Meta, saat Instagram mengalami pemadaman.

Instagram dari Meta Platforms Inc mengumumkan pada Kamis, 22 September  pihaknya telah menyelesaikan masalah yang menyebabkan pemadaman singkat pada platformnya untuk beberapa pengguna pada hari sebelumnya.

Sebanyak 24.000 orang melaporkan kesulitan mengakses jejaring sosial, menurut situs web pelacakan pemadaman Downdetector.com.

Beberapa pengguna turun ke Twitter untuk berbagi pembaruan dan meme tentang gangguan layanan, dengan #instagramdown tren sebagai tagar di situs media sosial. Bahkan tagar #InstagramDown sempat muncul dan menjadi trending. Beruntung itu hanya terjadi selama lima jam. 

Sehari sebelumnya, LinkedIn juga mengalami pemadaman serupa yang berakibat sekitar 50 ribu penggunanya tak bisa mengakses platform tersebut.

Belum diketahui secara pasti, apa yang menyebabkan Instagram sempat mengalami pemadaman terhadap beberapa pengguna. Namun pemadaman itu telah menyebabkan beberapa kerugian finansial bagi platform tersebut.