BeReal Jadi Aplikasi Baru Paling Populer, TikTok dan Instagram Kini Menirunya
BeReal aplikasi baru yang mulai ditiru pemain lama, TikTok dan Instagram. (foto: dok. BeReal)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak diluncurkan tahun lalu, BeReal dengan cepat menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer di kalangan anak muda, yang terpikat oleh etos 'anti-Instagram'. Aplikasi ini meminta pengguna untuk mengambil foto tanpa filter setiap hari melalui kamera aplikasi, yang mengambil selfie dan foto menggunakan kamera belakang secara bersamaan.

Alih-alih membiarkan pengguna mengambil kembali foto mereka tanpa henti untuk menangkap sudut terbaik mereka, aplikasi ini memberi pengguna hanya dua menit untuk mendapatkan bidikan.

Dengan lonjakan popularitas, maka hanya masalah waktu saja sebelum aplikasi saingan mulai menyalin premis sederhana mereka.

Minggu ini, TikTok mengumumkan alat peniru BeReal yang disebut TikTok Now, sementara Instagram mengonfirmasi bulan lalu bahwa mereka sedang menguji fitur Candid Challenges-nya sendiri. Bahkan TikTok mengumumkan fitur TikTok Now baru di sebuah blog di situs webnya pekan ini.

"TikTok Now adalah cara terbaru untuk terhibur dan terhubung dengan orang lain di TikTok - pengalaman foto dan video harian untuk berbagi momen paling autentik Anda dengan orang-orang yang paling berarti," jelas TikTok dalam postingnya yang dikutip Daily Mail.

“TikTok Now menghadirkan keaslian TikTok ke pengalaman kreatif baru yang menghubungkan Anda dengan orang-orang terdekat Anda,” ungkap TikTok.

TikTok Now akan mengirimkan permintaan harian kepada pengguna untuk merekam video 10 detik atau foto statis menggunakan kamera depan dan belakang ponsel mereka dalam waktu tiga menit.

Mereka memiliki tab khusus di bagian bawah layar  yang menggantikan tab Teman, di mana pengguna akan dapat melihat video dan foto TikTok Now teman-teman mereka.

“Kami sedang bereksperimen dengan TikTok Now selama beberapa minggu mendatang. Di AS, TikTok Now bisa diakses dari aplikasi TikTok," jelas TikTok. “Di wilayah lain, TikTok Now mungkin juga tersedia sebagai aplikasi TikTok Now baru.”

“Kami akan terus meningkatkan pengalaman pengguna saat kami mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana komunitas TikTok merangkul format kreatif baru ini,” tambah mereka.

Beberapa penggemar BeReal yang tidak puas dengan cepat menunjukkan kesamaan antara kedua fitur tersebut dan mulai mengolok-oloknya. Seorang pengguna membuat cuitan di Twitter: “semua orang merobek TikTok dan sekarang TikTok merobek BEREAL??LMAOOOO.”

Yang lain menambahkan: “TikTok meluncurkan klon BeReal-nya "TikTok Now". Anda mati sebagai inovator atau hidup cukup lama untuk melihat diri Anda menjadi peniru.”

Dan salah satunya bercanda: “Saat kami dapat memotret diri kami sendiri adalah saat peradaban mulai runtuh.”

Peluncuran TikTok Now muncul hanya satu bulan setelah Instagram mengonfirmasi sedang menguji peniru BeReal, yang disebut Candid Challenges. Fitur Candid Challenges ini ditemukan oleh pengembang Alessandro Paluzzi.

“Instagram sedang mengerjakan IG Candid Challenges, sebuah fitur yang terinspirasi oleh BeReal,” cuitnya, di samping tangkapan layar dari tampilan fitur tersebut.

Tangkapan layarnya sendiri berbunyi: “Bergabunglah dengan IG Candid Challenges. Tambahkan IG Candid orang lain ke story tray Anda. Dan setiap hari di waktu yang berbeda, dapatkan pemberitahuan untuk mengambil dan berbagi Foto dalam 2 Menit.”

Menanggapi tweet tersebut, juru bicara Meta, Christine Pai, mengatakan bahwa IG Candid adalah 'prototipe internal' dan belum diuji secara eksternal.