Polestar Raup Untung Besar Seiring Lonjakan Penjualan Mobil Listrik,  Harga Mungkin Dinaikkan
Polestar 6 produk andalan dari Polestar. (foto: twitter @polestar)

Bagikan:

JAKARTA – Mobil listrik kini semakin banyak berkeliaran di jalanan. Selain dianggap irit, mobil ini juga dikenal ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan karbon sisa pembakaran. Tak heran jika kini kendaraan listrik dalam berbagai model laris manis terjual.

Pembuat kendaraan listrik, Polestar, mengumumkan Kamis, 1 September bahwa pendapatannya meningkat hampir dua kali lipat pada paruh pertama tahun 2022. Ini disebabkan  permintaan yang melonjak. Bahkan mereka mungkin harus menaikkan harganya lebih lanjut jika biaya bahan terus meningkat.

"Kami terus memiliki buku pesanan yang sangat kuat," kata Chief Financial Officer, Johan Malmqvist kepada Reuters. "Sehubungan dengan tekanan inflasi, kami telah menaikkan harga dan itu adalah sesuatu yang kami pantau dengan cermat untuk melihat apakah ada kebutuhan untuk mengambil tindakan tambahan harga untuk melindungi margin kami."

Produsen mobil yang berbasis di Swedia, yang didirikan oleh Geely China dan Volvo Cars, juga menegaskan kembali target setahun penuh untuk mengirimkan 50.000 kendaraan listrik (EV).

Polestar, yang terdaftar di Nasdaq pada Juni lalu melalui merger dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC), telah berkembang ke pasar baru tahun ini tetapi biaya untuk melakukannya berarti membuat kerugian bersih 502,7 juta dolar AS (Rp 7,4 triliun) untuk periode Januari-Juni, naik dari kerugian sebelumnya 368,2 juta dolar AS (Rp 5,4 triliun), tahun lalu.

Ketika negara-negara menargetkan emisi karbon nol bersih dan harga gas naik, permintaan untuk EV telah melonjak. Pembuat mobil telah berjuang untuk meningkatkan produksi di tengah kemacetan rantai pasokan dan meningkatnya biaya komponen dan bahan baterai..

Banyak pembuat mobil telah menaikkan harga kendaraan karena permintaan konsumen tetap kuat, tetapi beberapa di antara mereka khawatir inflasi yang tinggi dan ketidakpastian ekonomi akan mengurangi penjualan cepat atau lambat.

Polestar melaporkan pendapatan 1,04 miliar dolar AS untuk enam bulan yang berakhir 30 Juni dibandingkan dengan 534,8 juta dolar AS setahun sebelumnya. Pada akhir Juni, Polestar menjual mobil di 25 negara, naik dari 19 negara pada tahun sebelumnya.

Perusahaan melaporkan biaya non-tunai sebesar 372,3 juta dolar AS terkait dengan listing di Nasdaq. Malmqvist mengatakan perusahaan mengakhiri semester pertama dengan 1,4 miliar dolar AS tunai.

Pengiriman oleh Polestar naik hampir 125% menjadi sekitar 21.200 mobil dalam enam bulan pertama tahun ini, naik dari 9.510 tahun sebelumnya