Provinsi Mendoza di Argentina Terima Pembayaran <i>Stablecoin</i> USDT dan DAI
Provinsi Mendoza terima pembayaran stablecoin. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu provinsi di Argentina, Mendoza, dikabarkan mendukung pembayaran dengan menggunakan mata uang kripto stablecoin. Di antaranya adalah USDT dan DAI. Dengan adanya dukungan tersebut, penduduk Mendoza dapat membayar sejumlah layanan pemerintah dengan stablecoin.

Sebagai informasi, stablecoin merupakan mata uang kripto yang harganya mengikuti harga mata uang fiat seperti dolar AS dan lainnya. Pemerintah provinsi Mendoza menjadikan stablecoin sebagai opsi pembayaran pajak, sebagaimana diumumkan pemerintah pada Sabtu, 27 Agustus lalu.

Badan pajak Mendoza, Administration Tax of Mendoza (ATM), memberikan opsi pembayaran kepada sekitar dua juta penduduknya untuk pembayaran pajak sebagai upaya untuk bergerak menuju “moderniasasi daninovasi.”

Dilansir dari Decrypt, dalam dokumen 11 halaman yang menguraikan proses pembayaran kripto baru, USDT Tether dan stablecoin DAI MakerDAO ditampilkan sebagai dua opsi pembayaran cryptocurrency.

Pembayaran pajak dengan kripto dapat menggunakan Binance, Ripio, Buenbit, Bitso, Lemon, atau Bybit mereka. Situs ATM akan menghasilkan kode QR bagi pengguna untuk memindai dengan dompet kripto mereka setelah mengisi informasi awal.

Setelah menerima stablecoin, ATM akan mengonversi stablecoin yang terikat AS ke dalam mata uang peso Argentina untuk diproses dan memberikan tanda terima transaksi kepada pembayar.

Provinsi Mendoza terletak di Argentina barat, selatan San Juan dan timur republik Chili. Ini adalah provinsi terpadat keempat di negara ini, dengan lebih dari 1,7 juta penduduk.

Argentina memiliki tingkat inflasi yang tinggi, karaenanya tidak asing dengan kripto. Dengan tingkat inflasi 64% dari tahun ke tahun pada bulan Agustus, mungkin tidak mengherankan jika pemerintah Mendoza melihat opsi pembayaran dalam bentuk kripto. Ini ditujukan untuk memberikan akses kepada penduduknya untuk menggunakan mata uang kripto yang disebut-sebut sebagai pelindung nilai terhadap inflasi.

Argentina adalah salah satu negara yang Amerika Latin yang terbuka pada penggunaan mata uang kripto. Sementara negara LATAM lainnya yang sudah terlebih dahulu mengadopsi Bitcoin sebagai alat tukar yang sah adalah El Salvador. Negara kecil tersebut secara resmi mengumumkan BTC sebagai alat transaksi resmi pada 2021 lalu.