Kini Pengguna WhatsApp di India Dapat Berbelanja di JioMart
Whatsapp kini dapat digunakan untuk berbelanja di India. (foto: dok. pixbay)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna WhatsApp di India sekarang dapat berbelanja bahan makanan tanpa harus meninggalkan aplikasi perpesanan mereka. Meta mengumumkan integrasi baru dengan JioMart Senin , 29 Agustus, di mana pengguna dapat mengirim SMS "Hai" ke nomor tertentu dan dibawa ke pengalaman belanja dalam aplikasi.

Pengalaman berbelanja terlihat cukup akrab, mirip dengan apa yang telah dirancang oleh Instacart dan layanan pengiriman lainnya selama bertahun-tahun. Tapi di sini, tidak ada aplikasi lain. Bagi WhatsApp, itu masalah besar.

Meta yakin bahwa pesan bisnis adalah bagian besar dari cara WhatsApp menghasilkan uang di masa mendatang.

“Pesan bisnis adalah area dengan momentum nyata dan pengalaman berbasis obrolan seperti ini akan menjadi cara orang dan bisnis berkomunikasi di tahun-tahun mendatang,” kata CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam posting Facebook yang mengumumkan kemitraan.

Menurut laporan The Verge, Integrasi JioMart adalah bagian dari obrolan bolak-balik, bagian dalam browser dalam aplikasi, tetapi berisi segalanya mulai dari pemilihan hingga pembayaran hingga pengiriman dalam WhatsApp.

Pada akhirnya, Meta ingin WhatsApp menjadi aplikasi super bergaya WeChat, satu-satunya aplikasi yang dibutuhkan pengguna untuk menjalankan seluruh hidup mereka. Pengguna WeChat dapat membayar sewa di aplikasi, membeli tiket konser di aplikasi, membayar makanan di aplikasi, dan banyak lagi.

Platform apa pun yang dapat menghabiskan begitu banyak nyawa orang pada dasarnya dijamin menghasilkan banyak uang dalam prosesnya, melalui biaya pemrosesan pembayaran, fitur premium, dan iklan.

Tidak ada platform lain yang mendekati tingkat dominasi WeChat, tetapi dengan lebih dari 2 miliar pengguna, WhatsApp memiliki peluang lebih baik daripada kebanyakan. India juga merupakan pasar paling populer, dengan sekitar 400 juta pengguna di negara tersebut. WhatsApp gratis, tidak memakan banyak data, dan berjalan di ponsel dengan hampir semua harga.

JioMart, sementara itu, adalah perusahaan e-commerce yang dijalankan oleh Jio Platforms. Jio sendiri adalah bagian dari Reliance, salah satu perusahaan yang bertanggung jawab atas telepon dan layanan murah yang telah membawa banyak warga India online untuk pertama kalinya.

Bahkan saat ini, Reliance mengumumkan rencananya untuk menghabiskan 25 miliar dolar AS lagi untuk meluncurkan 5G ke “setiap kota” di India pada akhir tahun depan.

Pada akhirnya, pengguna harus mengharapkan integrasi seperti ini muncul di seluruh WhatsApp. Perusahaan telah mengerjakan belanja dalam aplikasi selama beberapa tahun terakhir, terus menekan pembayaran pengguna-ke-pengguna, dan secara aktif mengembangkan aplikasi WhatsApp Business-nya.

WhatsApp ingin menjadi tempat terenkripsi bagi Anda untuk berbicara dengan orang yang Anda cintai, tetapi jika itu juga dapat menjadi tempat bagi Anda untuk berbicara dengan maskapai penerbangan, toko kelontong, penata rambut, dan broker,  maka itu bisa menjadi lebih kuat sebagai platform dan tambang emas mutlak. Namun, melakukan itu tanpa merusak pengalaman obrolan, sepertinya akan sulit untuk dilakukan.