Abu Nichelle Nichols Pemeran Letnan Nyota Uhura di Star Trek Akan Dikirim ke Luar Angkasa
Nichelle Nichols, aktris yang memerankan Letnan Nyota Uhura di Star Trek. (foto: twitter @soapcentral)

Bagikan:

JAKARTA - Abu Nichelle Nichols, aktris yang memerankan Letnan Nyota Uhura di Star Trek, akan dikirim ke luar angkasa dengan roket  untuk mengenang dirinya dan beberapa veteran Star Trek lainnya. Putra Nichols, Kyle Johnson, menyumbangkan abunya setelah aktris senior itu meninggal pada Juli lalu dalam usia 89 tahun.

Abu Nichols akan dibawa ke luar angkasa dengan roket yang disebut Vulcan Centaur, oleh perusahaan penerbangan luar angkasa, Celestis,  yang menjalankan misi "Penerbangan Perusahaan". Masih belum ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk pengiriman ini, dan kemungkinan akan tergantung pada pengembangan roket Vulcan yang sedang berlangsung dari United Launch Alliance.

Selama misi, abu Nichols akan bergabung dengan sisa-sisa pencipta Star Trek, Gene Roddenberry dan istrinya, Majel Barrett, yang berperan sebagai perawat dalam seri Christine Chapel. James Doohan, yang berperan sebagai insinyur Enterprise, Scotty, dan seniman efek visual Douglas Trumbull, yang dikenal karena karyanya di Star Trek: The Motion Picture, Blade Runner, dan banyak lagi, yang juga akan bergabung.

Ketika roket lepas landas dari Cape Canaveral, roket akan membawa lebih dari 200 kapsul berisi abu, sampel DNA, serta nama, pesan, dan gambar yang diberikan oleh pengguna dari seluruh dunia. Celestis akan menyimpan kapsul di bagian atas roket, yang akan dikirim antara 150 juta dan 300 juta kilometer ke luar angkasa dan mengorbit Matahari.

Nichols adalah pelopor dalam industri film dan menjadi wanita kulit hitam pertama yang memegang peran utama di televisi. Warisannya juga meluas di luar layar, saat ia menjabat sebagai advokat NASA untuk mendorong perekrutan astronot dari latar belakang yang kurang terwakili.

Dia dipuji karena membantu membawa pria kulit hitam pertama, Kolonel Guion Bluford, dan wanita pertama, Sally Ride, ke luar angkasa.