Pemeran Kapten Kirk di Star Trek Akan Jalani Misi Ke Luar Angkasa Oktober 2021
Sosok Kapten Kirk, yang diperankan oleh William Shatner dalam film Star Trek (foto: star trek)

Bagikan:

JAKARTA - William Shatner, pemeran Kapten Kirk dalam film Star Trek akan membuat sejarah baru. Sosok yang dikenal pemberani dan penjelajah dunia baru yang belum pernah dikunjungi, dalam film tersebut akan membuat sejarah luar angkasa secara nyata sebagai orang tertua yang pernah pergi ke luar angkasa.

Pria berusia 90 tahun itu akan ambil bagian dalam peluncuran roket Blue Origin, berikutnya dari pendiri Amazon, Jeff Bezos. Misi itu rencananya akan diluncurkan pada Oktober 2021. Misi penerbangan ini akan berlangsung 55 tahun dan 1 bulan setelah William Shatner pertama kali debut sebagai Kapten Kirk di film Star Trek.

Kini Shatner sudah tidak main film lagi. Namun ia masih menjadi presenter dalam sebuah acara di jaringan televisi HBO,  History.

Dia akan memecahkan rekor baru-baru ini yang dibuat oleh penerbang perintis Wally Funk, yang berusia 82 tahun ketika dia bergabung dengan Bezos pada peluncuran Blue Origin pertama, 60 tahun setelah gagal melakukannya dengan NASA karena dia seorang wanita.

Sebelum Funk, rekor dipegang oleh John Glenn, yang mencapai luar angkasa pada usia 77, hampir empat dekade setelah menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi.

Shatner secara teknis tidak akan menjadi astronot. Administrasi Penerbangan Federal mengeluarkan pedoman baru tepat setelah penerbangan pertama Bezos, mengubah aturan sehingga hanya mereka yang "menunjukkan aktivitas selama penerbangan yang penting untuk keselamatan publik, atau berkontribusi pada keselamatan penerbangan luar angkasa manusia" yang mendapatkan sayap astronot resmi mereka.

Tiga orang lainnya yang akan bergabung dengan Shatner di roket New Shepard, belum disebutkan namanya. Pengumuman resmi diharapkan Senin, 27 September.

Film Star Trek sangat berarti bagi penggemar selama beberapa dekade keberadaannya. Sudah sepantasnya bahwa salah satu tokoh terpenting dalam pertunjukan itu, harus melihat seperti apa sebenarnya bintang-bintang di luar angkasa itu.

Penerbangan luar angkasa Shatner juga difilmkan sebagai bagian dari film dokumenter yang akan datang. Meskipun penggemar tidak diundang dalam perjalanan khusus ini, mereka mungkin akan segera melihat reaksi penuhnya terhadap pengalaman tersebut.