Gadis 8 Tahun Asal Inggris, Kontak Astronot SpaceX di ISS Lewat Radio Amatir
Isabella Payne, dari Kent, Inggris, bhubungi astronot NASA di ISS. (foto: twitter @m0lmk)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang gadis muda berusia delapan tahun, mimpinya menjadi kenyataan saat radio ham (amatir) milik ayahnya terhubung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kontak ini, memungkinkan dia untuk melakukan percakapan 45 detik dengan komandan SpaceX Crew-4 Kjell Lingren yang menjawab panggilan tersebut dengan mengatakan, “Selamat datang di Stasiun ruang angkasa Internasional.”

Isabella Payne, dari Kent, Inggris, memperkenalkan dirinya dan usianya, lalu Lingren berterima kasih kepada anak muda yang antusias dengan ruang angkasa itu karena 'menampilkan radio dan menyapa.'

Kontak itu dimungkinkan karena hobi ayahnya menggunakan stasiun radio jangkar untuk berbicara dengan operator lain di seluruh dunia. Namun  duo ayah-anak itu membuat satu koneksi yang keluar dari dunia ini.

"Ini sedikit pengetahuan tetapi sebagian besar murni keberuntungan," kata Payne ketika menjawab pertanyaan di Twitter tentang bagaimana radionya terhubung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), ujarnya seperti dikutip Daily Mail.

“Ada keadaan yang sangat spesifik ketika Anda benar-benar dapat berbicara dengan astronot NASA di ISS dan pada kesempatan ini, semuanya datang bersamaan,” tambahnya.

Menurut ayahnya Isabella jatuh cinta dengan luar angkasa saat dia baru berusia dua tahun. Sang ayah pun  berterima kasih kepada Lingren karena berbicara dengan putrinya.

“23 April 2016. Seorang anak berusia 2 tahun duduk di lutut saya dan menyaksikan siswa sekolah Wellesley House mengobrol dengan @astro_timpeake, sebuah acara yang saya bantu rancang,” ungkap Payne dalam cuitannya. “Hari ini dia mendapat kesempatan.”

“Terima kasih banyak @astro_kjell, kamu telah mengubah dunianya,” tambah Payne.

Lingren juga men-tweet tentang interaksi tersebut. “Saya sangat senang menggunakan stasiun radio amatir #ARISS #NA1SS di @Space_Station untuk berbicara dengan operator radio ham di seluruh dunia,” ungkapnya.

“Saya bahkan (secara tidak resmi) mengerjakan stasiun di semua benua! Tapi ini mungkin kontak favorit saya sejauh ini. Terima kasih Isabella dan @m0lmk!,” cuitnya.

ARISS adalah stasiun radio amatir Payne yang ia gunakan untuk berbicara dengan penggemar radio ham lainnya di seluruh dunia.

Lingren telah bersama NASA sejak 2009 dan sedang dalam misi keduanya di luar angkasa. Yang pertama adalah pada Juli 2015 hingga Desember 2015, ketika ia juga mencatat waktu berjalan di luar angkasa selama 15 jam empat menit.

Lingren meluncur ke ISS pada bulan April di atas roket Falcon 9 dua tahap yang atasnya berada di dalam kapsul Crew Dragon yang dijuluki 'Freedom,' bersama dengan Bob Hines dan Jessica Watkins, dan Samantha Cristoforetti Italia dari European Space Agency.