Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Australia mengumumkan pada Jumat, 19 Agustus bahwa pihaknya berencana untuk memperkenalkan peraturan baru yang menargetkan emisi karbon kendaraan guna meningkatkan penyerapan mobil listrik. Pasalnya kebijakan ini juga akan mengejar peningkatan ekonomi maju lainnya.

Saat ini hanya 2% mobil yang dijual di Australia adalah mobil listrik. Jumlah ini jauh lebih kecil jika  dibandingkan dengan 15% di Inggris dan 17% di Eropa. “Negara kami berisiko menjadi tempat pembuangan kendaraan yang tidak dapat dijual di tempat lain,” kata Menteri Perubahan Iklim dan Energi Chris Bowen, seperti dikutip Reuters.

Selain Rusia, Australia adalah satu-satunya negara OECD yang tidak memiliki atau mengembangkan standar efisiensi bahan bakar, yang mendorong produsen untuk memasok lebih banyak kendaraan listrik dan tanpa emisi.

"Bagi saya, ini pada akhirnya tentang pilihan. Dan pengaturan kebijakan menyangkal pilihan nyata orang Australia akan mobil yang bagus, terjangkau, tanpa emisi," kata Bowen pada pertemuan puncak kendaraan listrik di Canberra.

Pemerintah akan merilis makalah diskusi untuk konsultasi pada bulan September, dengan fokus pada peningkatan penyerapan EV.

Saat ini, hanya delapan model EV dengan harga di bawah 60.000 dolar Australia (Rp 613,5 juta) yang tersedia untuk dipilih di Australia. “Ini jauh, dibandingkan dengan 26 di Inggris,” kata Bowen.

"Australia berisiko menjadi tempat pembuangan teknologi lama yang tidak dapat dijual di pasar lain," katanya.

Langkah emisi menyusul kemenangan pemilihan Mei dari pemerintah Partai Buruh kiri-tengah yang dipimpin oleh Anthony Albanese, yang berkampanye dengan janji reformasi kebijakan iklim yang akan membawa negara itu sejalan dengan ekonomi maju lainnya.

Mantan Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan pada 2019 bahwa kebijakan untuk mengurangi emisi kendaraan akan "mengakhiri akhir pekan", sementara kritikus lain mengatakan kendaraan EV akan menghapus kendaraan utilitas populer, atau Utes, yang digunakan oleh pembangun dan petani.

"Waktu untuk politik murahan, untuk mengatakan akan 'mengakhiri akhir pekan' atau mengambil alih Utes sudah berakhir," kata Bowen kepada wartawan pada konferensi pers setelah pidatonya.

"Jika Anda memiliki kendaraan listrik, Anda tidak perlu lagi mengangkat nozzle di SPBU," katanya.

Albanese telah menjanjikan pemotongan pajak untuk kendaraan listrik, dan menaikkan target 2030 Australia untuk mengurangi emisi karbon menjadi pengurangan 43% dari tingkat 2005.

Ketua Tesla, Robyn Denholm, yang hadir dalam diskusi panel di KTT itu, mengatakan Australia harus mengejar ketertinggalan dunia secepat mungkin.

"Ini bukan hanya tentang EV. Ini juga tentang pengurangan emisi dari kendaraan berbahan bakar bensin. Apa yang tidak dapat kami terima adalah mobil paling kotor di dunia di Australia. Itulah yang kami miliki saat ini dan itu meningkat," katanya.