Tesla Full Self Driving Beta Sudah Tempuh 72 juta Km., Terpanjang dari Seluruh Pesaingnya
Pabrik Tesla di Austin mampu produksi mobil lebih dari 1000 per minggu. (foto: twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA – Teknologi Tesla Full Self Driving Beta telah menempuh jarak 35 juta mil (72 juta km) dan mengumpulkan sejumlah besar data yang selanjutnya akan meningkatkan kemampuannya. Terlebih sebagian besar mil tersebut telah ditempuh dalam tujuh bulan terakhir.

"Kami sekarang telah menerapkan FSD Beta kami dengan kemampuan mengemudi City Streets ke lebih dari 100.000 pemilik. Mereka sangat senang dengan kemampuan sistem dan kami akan terus meningkatkannya setiap minggu," kata CEO Elon Musk selama panggilan pendapatan Tesla ini pekan. 'Kami sekarang telah berkendara lebih dari 35 juta mil dengan FSD Beta.'

“Itu jarak yang lebih otonom daripada perusahaan mana pun yang kami ketahui, saya pikir mungkin lebih dari, bahkan mungkin lebih dari apa pun, jika semua perusahaan lain digabungkan. Jadi dan jarak tempuh itu tumbuh secara eksponensial,” kata Elon yang juga dikutip Daily Mail.

Waymo dari Alphabet, sebaliknya, mengungkapkan pada Agustus 2021 bahwa kendaraan otonomnya telah melaju sejauh 20 juta mil sejak 2009, dalam jangka waktu 12 tahun.

Produsen mobil listrik itu juga membagikan angka yang menunjukkan jarak kumulatif di bawah 5 juta dari Oktober 2020, ketika uji coba FSD Beta pertama diluncurkan, hingga November 2021.

Dengan cara yang sama bahwa semakin banyak orang menggunakan Google Penelusuran, semakin baik kinerjanya, karena semakin banyak driver yang menggunakan FSD Beta, perangkat lunak akan meningkat secara eksponensial.

Sebuah blog untuk pengemudi Tesla di Kanada memperkirakan bahwa perusahaan mungkin mencapai angka 100 juta mil kumulatif pada akhir tahun ini.

Sang maestro teknologi juga membahas kekhawatiran tentang upaya FSD Beta yang muncul ketika Andrej Kaparthy mengumumkan dia akan meninggalkan perusahaan minggu lalu.

"Yah, karena Andrej menulis semua kode sendiri, tentu saja, semuanya terhenti," canda Musk.

“Tetapi kami memiliki tim yang terdiri dari sekitar 120 orang di grup AI perangkat lunak kami yang sangat berbakat. Dan saya pikir kita akan memilikinya, saya sangat yakin kita akan menyelesaikan self-driving penuh dan sepertinya masih tahun ini,” tambah Musk. "Sepertinya kita sedang berkumpul untuk memecahkan masalah mengemudi sendiri tahun ini."

Selama panggilan pendapatan, Musk membagikan pembaruan tentang tujuan produksi perusahaan, yang telah ditantang oleh kekacauan rantai pasokan terkait COVID-19.

“Kami mencapai tonggak penting 1.000 mobil seminggu pada bulan Juni,” katanya, mengacu pada pabrik Tesla di Berlin, Jerman.

“Dan kami mengharapkan – maaf, Giga Texas kami melampaui pencapaian 1.000 kendaraan per minggu, mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan,” tambahnya.

Tesla, yang membuat sebagian besar suku cadang untuk kendaraannya sendiri, juga mengalihkan perhatiannya untuk meningkatkan proses manufakturnya.

"Kami telah membuat banyak kemajuan dalam proses manufaktur," kata Musk pada panggilan pendapatan. “Seperti yang sekarang kami tunjukkan di dek pemegang saham, berkat kami – coran besar, kami membuat coran terbesar di dunia”.

“Kami mengurangi jumlah robot pengelasan tubuh sebesar 70 persen per unit kapasitas di Austin dan Berlin. Jadi begitu, sebut saja, kira-kira body shop yang kira-kira 3 kali lebih kecil dari biasanya,” ucapnya.

“Dan saya harus mengatakan itu juga lebih ringan, lebih murah dan memiliki kekerasan getaran kebisingan yang superior. Jadi, itu bagus di setiap level,” ungkap Musk.

“Tapi perjalanan ini belum berakhir. Kami akan menghadirkan tingkat kesederhanaan dan peningkatan manufaktur yang lain dengan Cybertruck dan produk masa depan yang belum siap kami bicarakan sekarang, tetapi saya pikir akan sangat menarik untuk diungkapkan di masa depan,” ujar Elon.