Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada beberapa tips menaikkan performa mobil agar kinerjanya lebih maksimal. Tips ini disarankan agar diketahui oleh pemilik kendaraan dengan kategori usia tidak baru lagi.

Seperti diketahui, penurunan performa kendaraan hampir bisa dipastikan terjadi pada mobil yang sering digunakan. Penurunan performa ini wajar terjadi dan bisa dikembalikan dengan beberapa upaya.

Tips Menaikkan Performa Mobil

Salah satu tanda turunnya performa mobil adalah kenyamanan yang berkurang saat pengemudi memacu kendaraannya. Saat itu terjadi ada kemungkinan harus dilakukan beberapa penyesuaian. Berikut ini beberapa tips menaikkan performa mobil bekas.

  1. Pakai Bahan Bakar Berkualitas

Penurunan performa mesin mobil bisa disebabkan karena penggunaan bahan bakar. Direkomendasikan untuk menggunakan bahan bakar Pertamax dibanding Pertalite. Padalnya kedua bahan bakar dapat menghasilkan performa yang berbeda. Selain itu bahan bakar dengan kualitas rendah biasanya mengandung zat yang akan mengerak di sistem pembakaran mesin.

  1. Bersihkan Karbon

Tahukah Anda, karbon yang mengendap di mesin juga berdampak pada tenaga mesin yang turun. Selain itu bahan bakar juga jadi lebih boros hingga menghasilkan suara kasar. Disarankan untuk membersihkan karbon untuk menambah daya serta mengurangi emisi pada gas buang mobil.

  1. Ganti Filter Udara Dingin

Disarankan pula untuk mengganti filter udara dingin untuk membantu memasukkan udara ke ruang bakar. Udara dingin akan membantu menambah tenaga mesin sehingga performa mobil akan bertambah.

  1. Tune Up Mobil

Tune up mobil adalah servis yang membantu tenaga mobil maksimal. Servis ini dilakukan secara rutin dengan cara mengecek dalaman mesin dan sistem pembakaran. Teknisi akan memeriksa berbagai elemen mesin seperti saringan udara hingga tali kipas.

  1. Coba Pakai Volt Stabilizer

Volt stabilizer adalah komponen yang dapat meredam gangguan voltage yang terjadi di sistem kelistrikan mobil. Sistem kelistrikan bisa jadi pemicu tenaga mobil jadi berkurang. Suplai listrik pada mobil, baik kurang maupun kelebihan, dapat mengganggu keseimbangan mesin. Karena itu volt stabilizer bisa jadi solusi.

  1. Ganti Sistem Pembuangan yang Lebih Bagus

Mengganti sistem pembuangan bawaan mobil atau standar ke sistem pembuangan yang lebih bagus berdampak pula pada performa mobil. Pasalnya sistem pembuangan berpengaruh pada pernapasan mobil dan tenaga yang dihasilkan. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan knalpot racing. Namun tetap harus memperhatikan aturan penggunaan knalpot racing mobil.

  1. Kenakan Busi Iridium dan Koil Racing

Busi iridium adalah busi yang punya akselerasi lebih agresif dibanding busi biasa. Sedangkan koil racing adalah koil yang mampu menghasilkan tegangan percikan yang lebih besar sekaligus menyediakan energi besar. Meningkatkan performa mobil bekas bisa dilakukan dengan menggunakan dua komponen tersebut.

  1. Servis Rutin Harga Mati

Agar performa mobil bisa tetap terjaga, servis mobil harus dilakukan secara rutin. Waktu servis mobil yang tepat bisa dilakukan 6 bulan sekali atau setelah mobil menempuh jarak 10.000 km.

Itulah beberapa tips menaikkan performa mobil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.