Fiat Hadirkan Fiat 600 Hybrid 2024, Pilihan untuk Pasar Mobil Listrik yang Masih Berkembang
New Fiat 600 Hybrid. (Dok. Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Fiat baru saja mengumumkan kehadiran versi hybrid dari Fiat 600, yang akan tersedia mulai tahun 2024 bagi negara-negara di mana mobil listrik belum populer.

CEO FIAT dan CMO Global Stellantis, Olivier Francois, menjelaskan bahwa meskipun fokus utama perusahaan adalah mobil listrik, mereka ingin tetap relevan di negara seperti Italia yang belum sepenuhnya beralih ke listrik. Oleh karena itu, mereka akan menawarkan versi hybrid yang canggih.

"Visi strategis kami tetap sepenuhnya elektrik, dan 500e yang menjadi mobil listrik dengan penjualan terbaik di kategori city car di Eropa mendorong kita untuk terus berupaya menjadikan mobil listrik benar-benar dapat diakses oleh semua orang. Namun, kami juga ingin tetap relevan di negara-negara tertentu seperti Italia, pasar domestik kami, di mana mobil listrik belum sepenuhnya berkembang,” ungkapnya, di ruang media Stellantis, 18 September.

New Fiat 600 Hybrid akan memiliki mesin MHEV dengan tenaga sebesar 100 dk dan emisi CO2 yang rendah. Ini akan tersedia dalam dua tingkatan trim, yakni La Prima, yang merupakan versi paling eksklusif, dan New Fiat 600 Hybrid, yang lebih terjangkau.

Mesin MHEV yang dipasang pada New Fiat 600 Hybrid adalah teknologi yang memberikan kenyamanan dan performa. Dengan teknologi canggih ini, New 600 Hybrid menawarkan pengalaman hybrid sejati, memungkinkan pelanggan menikmati berkendara yang halus tidak hanya dalam perjalanan di kota di bawah 30 km/jam, tetapi juga di jalan pedesaan saat pengemudi melepaskan pedal gas dalam kondisi stabil atau di turunan, serta dalam situasi yang sama di jalan tol.

Fitur unggulan lainnya adalah penggunaan daya listrik tambahan yang meningkatkan elastisitas pada RPM rendah dan saat berakselerasi, memberikan respons yang cepat dan transisi yang mulus. Selain itu, teknologi ini memungkinkan pemulihan energi saat kendaraan melambat. Dalam kondisi berkendara normal, mesin ini dirancang untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan menghemat hingga 15% emisi CO2 dibandingkan dengan mesin konvensional dengan transmisi otomatis.

Performa mesin ini juga cukup lumayan dengan akselerasi hingga 100 km/jam dalam 11 detik. Pasokan daya hybrid juga memberikan keuntungan, termasuk kemampuan berkendara dalam mode listrik sepenuhnya dan pemulihan energi saat kendaraan melambat.

New Fiat 600 Hybrid adalah solusi ideal bagi mereka yang mencari mobilitas ramah lingkungan. Mobil ini juga menawarkan fitur-fitur canggih, termasuk layanan terhubung seperti Connect One dan Connect PLUS.

Dengan harga mulai dari 19.950 euro atau sekitar Rp328 juta, New Fiat 600 Hybrid akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang peduli dengan lingkungan.