Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, agen tunggal pemegang merek Kia di Indonesia PT Kreta Indo Artha (KIA) memperbanyak lini elektrifikasi dengan menghadirkan Carnival Hybrid melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Secara sekilas, mobil ini memiliki banyak persamaan dengan Carnival facelift versi ICE murni. Namun, yang membedakannya ialah model tersebut dibekali penggerak hybrid.

Tiba di pasar tanah air dalam segmen MPV Premium Hybrid, tentu model ini akan menghadapi rival lainnya yang terlebih dahulu telah ada di Indonesia salah satunya Toyota Alphard HEV.

Toyota Alphard HEV telah memasuki pasar Indonesia melalui GIIAS tahun lalu dan menjadi salah satu kendaraan rendah emisi yang dihadirkan pabrikan untuk konsumen tanah air.

Keduanya memiliki persamaan sebagai kendaraan serbaguna yang dapat memenuhi kebutuhan pasar Indonesia serta dibekali penggerak hybrid yang terkenal irit dalam hal konsumsi BBM, hal yang menjadi penasaran model manakah yang paling unggul? Berikut komparasi Toyota Alphard HEV dan Kia Carnival Hybrid menurut penelusuran VOI, Rabu, 31 Juli:

5

Dimensi

Secara ukuran, Kia Carnival Hybrid lebih unggul dari pesaingnya dengan panjang 5.155 mm, lebar 1.995 mm, tinggi 1.785 mm, dan wheelbase mencapai 3.090 mm.

Sementara itu, Toyota Alphard HEV hanya memiliki ukuran panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase hingga 3.000 mm.

Interior Mewah

Keduanya memiliki berbagai perlengkapan premium masing-masing dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Alphard memiliki panel instrumen 12,3 inci full TFT dan head-up display dengan hadirnya layar 14 inci High Grade Audio Monitor di tengah dasbor.

Kemudian, mobil mewah ini tersedia layar 14 inci pada masing-masing baris bangku yang berfungsi sebagai rear seat entertainment. Toyota juga hadirkan fitur Captain Seat dan Electric Power pada bangku untuk memberikan kenyamanan maksimal.

Sementara itu, Kia Carnival Hybrid memiliki layar melengkung ganda dengan kluster instrumen dan tampilan infotainmen yang masing-masing berukuran 12,3 inci pada dasbor depan.

Model ini hanya ditawarkan dengan konfigurasi tujuh penumpang sehingga mampu menampung banyak orang di dalamnya. Bagian tengahnya memiliki jok captain seat yang tonjolkan unsur premium di dalamnya.

Fitur Canggih

Dalam hal kemajuan teknologi, Toyota Alphard memiliki sejumlah keunggulan dengan dihadirkannya Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 terdiri dari Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Assist, Lane Tracing Assist, Adaptive High Beam, Driver Monitoring System, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pabrikan dari Jepang ini hadirkan fitur T Intouch yang berbasis telematika yang dapat diakses via aplikasi mToyota. Sistem ini menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari pengguna kendaraan tersebut.

Untuk Carnival Hybrid, mobil ini dibekali dengan sistem ADAS meliputi Forward Collision-Avoidance Assist, Junction Crossing, Lange-change Oncoming, Lange-change Side, Evasive Steering Assist, dan masih banyak lagi.

Selain itu, merek ini juga menghadirkan fitur yang memudahkan pengemudi seperti Electronic Stability Control, Surround View Monitor, dan Hill Start Assist.

Performa Mesin Hybrid

Dalam hal performa, Kia Carnival Hybrid mampu mengungguli rivalnya dari Jepang tersebut dengan mesin Smartstream Gamma II 1,6 liter TGDI digabungkan dengan motor listrik dan transmisi enam percepatan otomatis, menghasilkan tenaga gabungan hingga 241 dk dan torsi 367 Nm.

Sementara itu, Toyota Alphard HEV memiliki mesin A25A-FXS 2,4 liter 4-silinder digabungkan dengan motor listrik dan transmisi CVT yang disalurkan ke roda depan, menghasilkan tenaga 187 dk dan torsi 239 Nm.

Harga

Kia Carnival Hybrid memiliki harga lebih terjangkau sebagai MPV premium hybrid di Indonesia senilai Rp1,388 miliar On The Road DKI Jakarta. Sementara itu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) membanderol generasi keempat Alphard mulai dari Rp1,7 miliar On The Road DKI Jakarta untuk varian HEV.

Kesimpulan

Keduanya memiliki beberapa keunggulan yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen tanah air. Kia Carnival Hybrid bisa menjadi pilihan bagi pelanggan yang menginginkan mobil berdimensi lega, performa lebih bertenaga, dan harga lebih terjangkau.

Namun, bagi pelanggan yang menginginkan kenyamanan dan kemewahan berbeda dengan fitur lebih canggih maka Toyota Alphard HEV bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.