Kia Carnival Kini Hadir dengan Varian Hybrid untuk Model Tahun 2025
Kia Carnival HEV 2025. (Dok. Kia Global)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam gelaran Chicago Auto Show 2024, Kia secara resmi memamerkan Carnival terbaru sebagai model 2025.

Steven Center, selaku Chief Operating Officer & Executive Vice President Kia America, menyebut pembaruan pada model ini meliputi gaya, performa, dan teknologi, sehingga dapat melengkapi kebutuhan fungsionalitas sebagai kendaraan keluarga.

“Kami telah melakukan pembaruan yang berdampak pada gaya, performa, dan teknologi, sehingga memungkinkan Karnaval untuk menantang stereotip bahwa kendaraan keluarga tidak menginspirasi,” kata Center, dikutip dari laman resmi merek, Senin, 12 Februari.

Pembaruan pada model MPV ini akan hadir terdiri dari lima level trim, yakni LX, LXS, EX, SX, dan SX Prestige. Sementara itu, Carnival versi Hybrid Electric Vehicle (HEV) akan tersedia dalam empat varian, yaitu LXS, EX, SX, dan SX Prestige.

Mengusung filosofi desain ‘Opposites United’, Carnival terbaru tampil lebih berani dan modern seperti layaknya sebuah SUV. Bagian depannya menampilkan fasia depan yang tegas dihiasi oleh lampu depan berbentuk kubus yang ditampilkan dengan lampu DRL Star Map berwarna kuning khas merek.

Sementara bagian belakangnya terlihat lebih halus dan premium dengan posisi plat nomor yang diubah ke bagian bawah pintu belakang. Sementara itu, kontur lampu Star Map menambah kedalaman pada bagian belakangnya. Dihadirkan juga plat selip lebar dan berkontur yang kontras dengan lapisan hitam pada fasia belakang.

Mobil ini dilengkapi oleh pelek berukuran 17 hingga 19 inci, yang menampilkan serangkaian sudut geometris. Dihadirkan juga desain menarik dari Carnival Dark Edition, yang menampilkan elemen eksterior digelapkan, mencakup roof rail, skid plate, garnish C-Pillar, side door garnish, tailgate garnish, kaca spion eksterior, serta grill depan.

Bagian dalamnya dilengkapi layar melengkung ganda dengan kluster instrument dan tampilan infotainmen masing-masing 12,3 inci. Tampilan head-up dihadirkan penuh warna sebagai fitur opsional.

Lampu internal di dalam gesper sabuk pengaman menyala, membuatnya lebih mudah ditemukan dalam gelap. Tujuh port USB-C standar yang terletak di seluruh kabin dapat membantu perangkat seluler tetap terisi daya untuk penumpang di ketiga baris, sementara dua stopkontak, dan dua inverter 115V berfungsi sebagai sumber daya tambahan.

Demi memudahkan pengguna, dihadirkan juga fitur bantuan suara. Dengan hanya mengucapkan ‘Hai Kia’, pengguna dapat mengatur beberapa penyetelan personalisasi pada bagian kabin, termasuk pengatur suhu.

Fitur lain seperti Advanced Driver Assitance Systems (ADAS) juga dihadirkan sebagai standar, meliputi Forward Collision-Avoidance Assist, Junction Crossing, Lange-change Oncoming, Lange-change Side, dan Evasive Steering Assist.

Berbicara soal performa, Kia Carnival dibekali dengan mesin 3,5 liter V6 GDI yang mampu memproduksi tenaga 287 dk dan torsi 352 Nm, yang bergabung dengan transmisi otomatis delapan percepatan berpenggerak roda depan.

Untuk versi hybrid, dihadirkan mesin lebih kecil dengan 1,6 liter turbo-hybrid yang dipasangkan dengan motor listrik 54 kW bertransmisi enam percepatan, sehingga menghasilkan daya 242 dk dan torsi maksimal 367 Nm.

Sayangnya, pabrikan asal Korea Selatan ini belum memberikan harga jual dari Carnival terbaru tersebut. Namun, Kia memperkirakan akan menjual MPV tersebut mulai musim panas 2024 mendatang.