Bagikan:

JAKARTA - Pertumbuhan kendaraan listrik saat ini berkembang pesat dan pemerintah Indonesia juga berupaya mempercepat transisi mobilitas bebas emisi dalam negeri. Salah satu usaha adalah dengan memberikan insentif agar harganya terjangkau.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pihaknya berupaya berbicara kepada pabrikan kendaraan untuk menghadirkan EV termurah, salah satunya Wuling.

Merespons hal ini, Dian Asmahani, selaku Direktur Brand dan Pemasaran Wuling Motors, mengatakan pihaknya telah menawarkan kendaraan di bawah Rp200 jutaan dengan meluncurkan Air ev Lite senilai Rp188,9 juta, sudah termasuk insentif PPN.

"Saat ini, kami memiliki varian produk Air ev paling terjangkau dengan banyak keunggulan yang ditawarkan, yakni Wuling Air ev Lite. Harga Air ev Lite OTR Jakarta Rp 206 Juta dan dengan memanfaatkan insentif PPN menjadi Rp188,9 juta," ujar Dian saat dihubungi VOI, Selasa, 19 September.

Dian juga mengatakan pihaknya mendukung penuh perihal upaya pemerintah dalam mempercepat transisi kendaraan listrik dan diharapkan masyarakat dapat menikmati varian terbawah Air ev tersebut dengan harga yang terjangkau.

"Kami berharap dengan adanya varian ini bisa menjangkau lebih banyak konsumen untuk mencoba pengalaman berkendara dengan mobil listrik," lanjut Dian.

Seperti model Air ev lainnya, varian Lite juga memiliki desain kompak dengan kapasitas tempat duduk empat, yang tetap mengutamakan kenyamanan dan kelincahan.

Dengan ukurannya yang kompak, Air ev Lite memungkinkan untuk manuver yang mudah serta kemudahan dalam berkendara. Mobilitas kendaraan ini semakin praktis berkat kemampuannya yang lincah, termasuk kemudahan pengguna ketika parkir.

Mobil tipe terendah tersebut menggunakan baterai lithium ferro-phosphate berkapasitas 18 kWh yang mampu mengantarkan kendaraan ini hingga jarak 200 km dalam sekali pengisian daya.

Untuk meningkatkan efisiensi pengisian, Air EV Lite dilengkapi dengan fitur easy home charging yang memungkinkan pengisian daya di berbagai tempat, bahkan di rumah dengan daya listrik minimum 2.200 watt. Baterai Air EV Lite juga memiliki standar IP67 yang telah teruji dalam kondisi ekstrem.