Desain MG 3 Supermini Generasi Baru Terungkap Sebelum Peluncuran di 2024
MG 3 Supermini. (Dok. Carscoops)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil kategori supermini bertenaga bensin semakin jarang di Inggris, mengingat keluarnya sejumlah model seperti Ford Fiesta dan Kia Rio, dan saat ini MG 3 adalah salah satu dari hanya tiga mobil yang masih dijual dengan harga kurang dari 15.000 poundsterling atau sekitar Rp286 juta.

Penerus untuk MG 3 supermini generasi baru rencananya akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang namun desainnya sudah bocor ke publik saat pengujian sedang berlangsung, yang berarti mobil tersebut mendekati status siap produksi.

Menurut laporan Autocar, 19 September, penerusnya diprediksi akan mengadopsi teknologi mild-hybrid demi mengurangi emisi, yang bersamaan dengan tekanan inflasi yang lebih luas dan pengenalan teknologi interior yang sangat diperbarui dan bantuan pengemudi, akan membuatnya menjadi proposisi yang lebih mahal, namun yang jelas petinggi MG berharap tetap menjadi salah satu mobil baru paling terjangkau di pasar.

3
MG 3 adalah salah satu mobil termurah di Inggris. (Dok. Mg Motor Uk)

Diketahui, MG 3 saat ini adalah pemain minor dibandingkan dengan SUV kompak MG ZS dan MG HS, hanya berhasil menjual 2920 unit di seluruh Eropa pada paruh pertama tahun 2023.

Angka-angka tersebut tidak mendukung konversi MG 3 menjadi mobil listrik, itulah sebabnya model ini tetap sebagai model bensin.

"Mengembangkan mobil listrik kecil hanya sedikit lebih murah daripada mengembangkan mobil yang lebih besar. Lalu setengah harganya adalah baterai, sehingga menjadi mobil yang dipasarkan 25.000 poundsterling itu tidak mungkin,” ungkap Direktur Komersial MG UK, Guy Pigounakis kepada Autocar.

Sekadar info, MG 3 saat ini adalah model tertua dalam jajaran MG, yang pertama kali diungkapkan di China pada tahun 2011, sejak saat itu telah menerima tiga kali pembaruan tampilan.

Untuk pasar Inggris, mobil ini diluncurkan pada tahun 2013 dengan harga mulai dari 8.695 poundsterling saat itu, dan menjadi salah satu mobil termurah yang dijual di Inggris.

Mobil generasi terbaru ini diprediksi akan dijual pada tahun 2024, dengan desainnya menurut MG akan sangat dipengaruhi oleh MG 4 yang lebih besar dan mobil sport unggulan baru MG Cyberster.