Biar Lebih Aman, Begini Cara untuk Mengirim Pesan Rahasia di Gmail
Cara kirim pesan rahasia gmail (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Keamanan data pribadi ataupun suatu file memang salah satu unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh semua orang di era digital saat ini. 

Banyaknya peretasan saat ini dengan model yang beragam tentu membuat banyak orang khawatir soal keamanan data yang mereka miliki. 

Bukan hanya orang biasa atau individu yang bisa jadi korban peretasan, bahkan banyak perusahaan dan instansi yang mengalaminya juga. 

Jika berbicara soal perusahaan dan instansi, ini tentu sudah memasuki ranah formal. Mereka pasti menggunakan email untuk mengirim surat menyurat antar perusahaan atau rekan kerjanya. 

Tapi, email pun juga tidak lekang dari target kejahatan dunia maya. Karena itu, pada tahun 2018 Google memperkenalkan mode rahasianya untuk Gmail. 

Pengaturan ini memungkinkan orang untuk mengirim pesan yang dapat kedaluwarsa dan mencegah penerima menyalin kontennya, meneruskannya ke orang lain, atau mengunduhnya.

Namun, pasti tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara kerjanya. Berikut ini, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim email 'rahasia'. 

Melalui Browser

  1. Tulis pesan baru.
  2. Cari ikon jam terkunci di sebelah kanan tombol Kirim, dan klik ikon tersebut.
  3. Setelah ini akan muncul pop-up yang memungkinkan Anda untuk mengatur berapa lama Anda ingin penerima memiliki akses ke pesan sebelum pesan tersebut kedaluwarsa. (Ada opsi dari satu hari hingga lima tahun).
  4. Lalu di bawah tanggal kedaluwarsa, Anda akan melihat kategori "Memerlukan Kode Sandi". Jadi, jika Anda menginginkan lapisan keamanan ekstra, pilih kode sandi SMS. Ini akan meminta penerima email Anda untuk memasukkan kode sandi yang akan dikirim melalui SMS ke nomor telepon mereka. 
  5. Pemberitahuan bahwa pesan sedang dikirim dalam mode rahasia akan muncul di bagian bawah pesan.

Melalui Ponsel

  1. Tulis pesan.
  2. Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi.
  3. Pilih Mode Rahasia. 
  4. Seperti di web, Anda akan melihat opsi untuk menyetel berapa lama pesan dapat diakses penerima (satu hari - 5 tahun). 
  5. Anda juga akan melihat opsi Masukan kata sandi. Jika ingin lebih aman, pilih SMS Passcode. (Cara kerja sama seperti di web). 
  6. Setelah Anda menyesuaikan pengaturan, pesan yang dikirim dalam mode rahasia akan menampilkan jendela kecil di bagian bawah yang merinci berapa lama pesan akan ada sebelum kedaluwarsa.