Mengapa Gmail Punya Fitur Pesan Penting
Ilustrasi Gmail (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gmail memiliki fitur menarik yang mampu menandai pesan penting secara otomatis. Uniknya fitur tersebut membuat pengguna penasaran mengapa Gmail punya fitur pesan penting dalam layanan mereka dan bagaimana cara Gmail menandai pesan penting tersebut?

Mengapa Gmail Punya Fitur Pesan Penting

Pengguna Gmail mungkin akan menemukan tanda tertentu dalam email yang masuk ke alamat surel mereka. Tanda pesan penting Gmail berwarna kuning dan ditempatkan di sebelah email. Sebaliknya, jika surel tidak memiliki tanda kuning maka surel tersebut tidak masuk dalam kategori penting dalam perhitungan Gmail.

Dikutip dari situs lifewire, Google menanamkan algoritma kompleks untuk membantu mengklasifikasikan email pengguna penting atau tidak. Alasannya adalah agar mudah dilihat sehingga dapat dijadikan sebagai pesan prioritas pengguna.

Gmail  punya tolak ukur untuk ikut memutuskan pesan mana yang harus mereka tandai sebagai pesan penting secara otomatis. Selain itu dikutip dari situs Support Google, dikatakan bahwa pengguna bisa melihat mengapa mereka memiliki email bertanda penting warna kuning yakni dengan cara mengarahkan kursor di atas penanda urgensi.

Ada beberapa alasan mengapa Gmail menempatkan tanda penting yakni sebagai berikut.

  • Kata kunci yang tercantum dalam pesan

Pengguna mungkin pernah menandai email serupa yang sebelumnya, atau pesan yang masuk ke Gmail membutuhkan respon yang cepat

  • Intensitas yang sering

Anda mungkin terdeteksi kerap berkomunikasi dengan pengguna Gmail lain secara konsisten. Sehingga saat orang yang sama kembali mengirim pesan maka Gmail akan menandai pesan mereka sebagai pesan penting.

  • Tindakan pesan

Tanda penting juga diberikan kepada interaksi pengguna terhadap percakapan lewat Gmail. Pemilik Gmail tercatat kerap mengambil tindakan seperti membalas atau melakukan forward terhadap pesan tertentu sebelumnya.

  • Pernah ditandai penting

Riwayat pengguna Gmail dalam menandai sebuah pesan sebagai pesan penting juga ikut berpengaruh pada penanda pesan penting otomatis oleh Gmail.

  • Hanya dikirim kepada Anda

Pesan yang ditandai penting juga bisa dikarenakan pesan tersebuh hanya dikirim untuk Anda. Pesan yang dikirim secara masal atau lebih dari satu orang memiliki urgensi yang rendah sehingga tak dianggap sebagai pesan penting.

  • Sering Membaca Pesan Label Penting

Jika pengguna sering membaca pesan dengan label penting, maka Gmail akan mengkategorikan pesan lain yang serupa dengan tanda kuning.

Pengguna tidak hanya bisa melihat alasan Gmail menandai pesan tertentu sebagai pesan penting, namun bisa mengajari algoritma Gmail untuk lebih selektif dalam menandai pesan penting yakni sebagai berikut.

  • Arahkan kursor pada penanda penting warna kuning. Penanda ini akan muncul di depan pesan pada daftar pesan atau setelah subjek pesan sudah dibuka
  • Saat kursor berada di tanda penting, maka akan muncul penjelasan mengapa Gmail memberikan penilaian penting pada pesan tersebut
  • Untuk mengajari algoritma Gmail, klik penanda kuning untuk menghilangkan tanda tersebut. Dengan begitu Gmail tidak akan mengklasifikasikan pesan serupa dalam daftar penting mereka.

Itulah informasi terkait mengapa Gmail punya fitur pesan penting. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.