Apa Arti Snooze pada Email? Ini Manfaat dan Cara Aktivasinya
Ilustrasi email dari Gmail. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gmail memiliki fitur yang cukup unik namun membantu penggunanya, salah satu fitur tersebut adalah snooze. Lalu apa arti snooze pada email?

Arti Snooze Pada Email

Pernahkah Anda mendapatkan surat elektronik baik dari personal atau institusi yang sifatnya penting, namun Anda tidak ingin membacanya saat itu juga? Jika iya, maka snooze akan menjawab keinginan Anda. Fitur snooze adalah salah satu fitur unik yang disediakan Gmail untuk penggunanya.

Secara harfiah arti snooze adalah tidur sebentar. Nama tersebut tidak terlalu jauh dari fungsi yang ia wakili, yakni “menidurkan” email sebentar untuk kemudian dibangunkan lagi.

Pada intinya, fitur snooze pada email berguna untuk memunculkan lagi email yang masuk ke kotak masuk Anda, dengan tanggal dan waktu yang bisa diatur secara manual. Sebagai contoh, Anda mendapatkan email kartu ujian universitas yang harus Anda tunjukkan pada saat ujian berlangsung.

Padahal, ujian akan berlangsung sekitar dua bulan lagi. Anda tidak bisa menyimpan file kartu ujian secara offline karena dikhawatirkan hilang. Sedangkan jika Anda membiarkannya di email tentu akan tertumpuk oleh surel lain. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengaktifkan snooze. Dengan aktifnya sooze, Anda akan menerima lagi file kartu ujian satu hari sebelum ujian, tergantung waktu yang diatur.

Snooze memungkinkan surel yang telah dikirim dan masuk ke kotak masuk Anda, disimpan dan dimunculkan lagi sesuai waktu yang diinginkan. Saat snooze diaktifkan, email yang bersangkutan akan hilang dan muncul lagi sesuai waktu yang dipilih.

Cara Snooze Email Lewat ponsel

Anda bisa memanfaatkan fitur snooze melalui aplikasi Gmail yang tersedia di ponsel Anda. Cara mengaktifkan snooze adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke aplikasi Gmail yang ada di ponsel
  2. Masuk ke kotak masuk, lalu pilih pesan yang ingin di-snooze. Setelah itu tekan dan tahan pesan hingga bar di sebelah atas berubah
  3. Klik ikon tiga titik
  4. Setelah itu pilih Snooze. Anda bisa menggunakan fitur Snooze pada beberapa pesan
  5. Jangan lupa atur tanggal dan waktu kapan Anda ingin memunculkan email itu lag.

Cara Snooze Email Lewat Browser

Cara ini bisanya dipakai untuk Anda yang login Gmail di perangkat komputer atau laptop. Untuk memanfaatkan snooze lakukan langkah berikut ini.

  1. Masuk ke akun Gmail Anda lewat browser
  2. Masuk ke kotak masuk dan pilih pesan yang akan di-snooze
  3. Ikon Snooze akan otomatis keluar saat Anda mengarahkan kursor pada pesan yang dipilih. Ikon berada di sebelah kanan, bersanding dengan ikon hapus dan sebagainya. Sedangkan ikon snooze bergambar jam. Pilih ikon jam
  4. Setelah itu Anda bisa mengatur waktu sampai kapan fitur tersebut aktif.

Cara Mencari Pesan Snooze

Terkadang Anda membutuhkan pesan yang telah di-snooz. Tak perlu khawatir karena mencarinya adalah hal mudah. Lakukan langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi Gmail dan akun Anda
  2. Klik folder snooze dengan ikon jam, letaknya ada di menu folder di bagian kiri
  3. Anda bisa melakuakn pencarian pesan yang Anda inginkan agar lebih cepat dengan cara klik tab pencarian dan masukkan keyword email Anda.

Selain terkait apa arti snooze pada email, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.