Apa Itu Dark Web: Yuk Kita Cari Tahu!
Apa Itu Dark Web (foto: dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Zaman yang amat modern ini tentunya kerap kita mendengar tentang desas-desus adanya dark web. Namun, sebenarnya apa itu dark web? 

Apa Itu Dark Web

Dark web ataupun darknet merupakan sebagian kecil jaringan Internet yang berisi web website yang mewajibkan tata cara tertentu buat mengaksesnya.

Tata cara spesial buat mengakses dark website berfungsi buat menyembunyikan alamat IP pengguna dari sistem pencatatan internet.

Tata cara yang kerapkali digunakan yakni dengan memakai fitur lunak spesial yang bisa menyembunyikan alamat IP penggunanya.

Dengan demikian, dark website membolehkan terbentuknya interaksi yang seluruhnya anonim. Sebab anonimitas inilah dark website kerap kali berhubungan dengan tindak kejahatan di dunia maya.

Anonimitas interaksi dalam dark website bisa terjalin sebab enkripsi berlapis yang diterapkan oleh para penyedia situs dark website.

Sebutan dark web kerap kali disalahartikan selaku deep website walaupun dua  sebutan tersebut berbeda arti.

Dark website ialah bagian dari deep website yang bermakna jaringan internet yang tidak dapat diakses dengan mesin pencari konvensional.

Konten dalam dark web

Dark website kerap kali berhubungan dengan transaksi ilegal seperti jual-beli narkoba, senjata api, konten pornografi, sampai pembajakan.

Perihal tersebut terjalin sebab anonimitas dark website yang menyulitkan seorang buat mengakses identitas penggunanya.

Walaupun anggapan tersebut sebagian benar, dark website sesungguhnya beroperasi secara sah.

Taman web semacam kotak masuk email ataupun manajemen akun media sosial sesungguhnya terkategori selaku dark website sebab orang lain tidak bisa mengaksesnya dengan gampang.

Kalian pun tidak bakal menemukan halaman kotak masuk email orang lain kala mengetiknya di mesin pencari. Apalagi, penyedia layanan email semacam Google serta Yahoo pula tidak dapat dan serta merta membuka halaman kotak masuk surel penggunanya.

Sebagian besar negeri pula menggolongkan dark website selaku perihal yang sah, cuma saja bisa digunakan buat kegiatan sah serta ilegal tergantung pada penggunanya.

Berikut merupakan sebagian hal yang bisa ditemui di halaman dark web:

  1. Situs web yang menyimpan karya akademik yang sebelumnya tidak dipublikasikan dan dapat diakses secara bebas.
  2. Koleksi media massa yang diarsipkan.
  3. Jaringan berita yang tidak berafiliasi dengan partai atau agenda politik mana pun.
  4. Berbagai forum membahas segala hal mulai dari mistis, fiksi, hingga penemuan alien.
  5. Database online buku dan komik gratis untuk diunduh.
  6. Situs kloning media sosial.

Jadi setelah mengetahui apa itu dark web, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!