Inilah Sederet Fitur Menarik di Gmail yang Dapat Memudahkan Pekerjaan
Ilustrasi Gmail (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Layanan surat elektronik dari Google, Gmail atau Google Mail ternyata dibekali dengan sejumlah fitur menarik yang dapat memudahkan pekerjaan. Bagi Anda yang masih menggunakan layanan ini untuk sekedar kirjm pesan saja, perlu mengetahui fitur menarik di Gmail yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Penasaran dengan fitur yang dimaksud? Simak informasi selengkapnya berkut ini.

Fitur Menarik di Gmail

1. Smart Reply

Fitur menarik di Gmail yang pertama adalah Smart Reply. Fitur ini dapat memprediksi email tertentu yang ingin dibalas.

Fitur Smart Reply mengacu pada prediksi gaya bahasa yang digunakan sebelumnya, tetapi tidak dapat ditemukan di setiap email. Hal ini karena Gmail hanya dapat memprediksi jawab singkat dan sederhana.

Fitur Smart Reply disokong fitur lain bernama Smart Compose yang berfungsi untuk memprediksi kata-kata serupa saat menulis email. Fitur Smart Reply bekerja layaknya autocorrect yang memberikan saran kalimat maupun kata secara benar saat mengetik email.

2. Schedulling

Fitur yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin mengirim surat elektronik atau email sesuai jadwal secara bersamaan.

Kehadiran fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim email sesuai waktu yang diinginkan kepada orang lain.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memilih pengiriman berdasarkan waktu dan tanggal. Dengan begitu, email akan dikirim tepat pada waktu yang diinginkan.

3. Snooze Email

Ini adalah fitur baru di Gmail yang bekerja layaknya snooze pada alarm. Setiap pengguna dapat menyembunyikan email tertentu untuk dibaca pada waktu yang diinginkan. Hal ini sangat cocok bagi pengguna yang memiliki kesibukkan padat, namun tidak ingin lupa dan melewatkan pesan email yang masuk.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara menyeleksi email terlebih dahulu. Berikutnya, klik ikon tiga titik pada toolbar, lalu pilih berapa lama waktu penyembunyian emal tersebut hingga muncul kembali di inbox atau kotak masuk.

4. Canned Response

Canned Response merupakan fitur mirip dengan template, memungkinkan Anda memberikan tanggapan yang telah dipikirkan sebelumnya, sehingga Anda dapat langsung membalas saat dalam perjalanan.

Fitur ini tidak mengharuskan pengguna untuk mengisi subjek email dan attachment yang sama.

Cara mengaktifkan fitur Canned Response yakni:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih General dan enable Canned Response.
  • Setelah menuliskan email yang diinginkan, klik More Options di bagian sebelah ikon tong sampah dan pilih Canned Responses
  • Save Draft as Template.
  • Anda juga dapat memberikan nama untuk template dan kembali membukanya untuk dikirim ke sejumlah orang.

5. Undo Send

Fitur ini dihadirkan oleh Google agar pengguna Gmail dapat menarik kembali surat elektronik yang sudah dikirim sebelumnya. Akan tetapi, undo send ini memiliki tenggat waktu dengan pilihan 5 sampai 30 detik saja. Jika melebihi waktu ini, maka email yang dikirimkan tidak dapat ditarik kembali.

Cara menggunakan fitur ini, yakni:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih General dan Undo Send
  • Email dapat ditarik kembali jika tidak sengaja memencet tombol send.

6. Self-destruct

Fitur Self-destruct bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin mengirim surel yang bisa dihapus secara otomatis. Kehadiran fitur ini membuat email yang dikirim tidak bisa di-forward, di salin, diunduh, maupun di-print.

Cara mengaktifkan fitur ini, yakni klik ikon jam kecil pada gembok di kanan bawah yang berbunyi Turn confidential mode on/off dengan berapa lama email akan bertahan.

7. Confidential mode

Fitur menarik di Gmail yang terakhir yakni confidential mode. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menambahkan proteksi ekstra di surel yang dikirim.  

Ekstra proteksi ini berupa penambahan password untuk bisa membukanya. Cara mengaktifkan fitur ini, yakni:

  • Pilih SMS Passcode yang berada di bawah Require Passcode.
  • Berikutnya, Gmail akan mengirimkan password melalui SMS ke penerima sehingga hanya dirinya yang dapat membuka email yang dikirimkan.

Demikian informasi tentang fitur menarik di Gmail yang dapat memudahkan pekerjaan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.