Soundcloud Hadirkan Verifikasi Centang Biru Tanpa Perlu Berlangganan
Ilustrasi (Photo by Rachit Tank on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan musik streaming Soundcloud akhirnya mengikuti jejak media sosial lain dalam memverifikasi akun. Perusahaan tersebut menyematkan centang biru di samping akun artis pada platform-nya.

"Kami melakukan ini untuk membantu artis terkenal menonjol dan mempertahankan keaslian mereka, dan untuk membantu pendengar mengidentifikasi artis ini dengan lebih mudah," ungkap Soundcloud dalam keterangan resminya seperti dikutip dari Engadget, Kamis 19 November.

Beberapa artis yang telah diverifikasi oleh SoundCloud termasuk Billie Eilish dan Wiz Khalifa. Dengan adanya centang biru ini, tanda itu menetapkan kriteria yang cukup jelas bagi artis lain untuk mendapatkan perlakuan yang sama.

Seperti media sosial lainnya, jika pengguna ingin mendapatkan centang biru, mereka harus menjadi tokoh, musisi, DJ, label, kurator, atau podcaster yang terkenal maupun sering dicari.

Selain itu, mereka juga harus memiliki profil yang jelas, tanpa informasi menyesatkan dan setidaknya mengunggah satu lagu. SoundCloud mengatakan verifikasi baru akan diberikan dalam waktu hingga 30 hari untuk diidentifikasi lebih dahulu oleh perusahaan.

Sebelumnya, untuk mendapatkan centang biru pada profil, pengguna harus berlangganan paket Pro Soundcloud dengan biaya 12 dolar AS per bulan. Pihak perusahaan mengakui, bahwa hak tersebut kerap disalahgunakan untuk verifikasi akun yang bukan sebagai artis atau musisi.