Spesial Halloween NASA Rilis Suara Menyeramkan yang Terdengar dari Luar Angkasa
NASA Galaxy of Horrors (dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang malam Halloween, NASA merilis rekaman suara menyeramkan yang terdengar dari luar angkasa dengan mengangkat tema Galaxy of Horrors. Rekaman audio nasa ini bisa didengarkan secara gratis melalui akun resmi NASA di SoundCloud.

Melansir Futurism, Jumat 30 Oktober, banyak suara yang berhasil direkam NASA dari luar angkasa. Beberapa di antaranya bahkan terdengar cukup menyeramkan seperti suara rintihan dan masih banyak lagi. 

Suara-suara tersebut berhasil direkam NASA dari berbagai piranti wahana luar angkasa, seperti saat pendaratan Mars InSight, data audio dari pesawat ulang alik Planck ESA, Satelit Chandra X-ray Observator dan Pesawat ruang angkasa Juno. 

"Anda pernah mendengar derit, retakan, dan derak alam semesta kita sebelumnya. Dengan menggunakan data dari pesawat ruang angkasa kami, para ilmuwan kami mengumpulkan suara-suara baru yang menyeramkan dari kedalaman ruang angkasa pada waktunya untuk Halloween," tulis NASA dalam deskripsi playlist-nya.

Bertepatan dengan hari Halloween sendiri, NASA telah memasukkan daftar pustaka baru dari data-data yang dikumpulkan. Terdapat total 14 suara dalam playlist Horror NASA ini, beberapa di antaranya menampilkan cuplikan suara yang diambil dari Auroras Jupiter, gelombang ledakan energi tinggi dari Cassiopeia A, beberapa gempa Mars, gelombang plasma, Galactic Sonification, dan lainnya.

Beberapa suara juga disertai dengan penjelasan dari NASA, seperti suara alam semesta kuno yang didapati oleh pesawat ruang angkasa Planck, di mana ia mengambil fluktuasi yang terjadi tepat setelah ledakan besar.

Sebagai informasi, pada akun SoundCloud NASA, mereka banyak memiliki sejumlah playlist lainnya, termasuk podcast Curious Universe, NASA Explorers yang berisi Apollo, Watch This Space, InSight Lander Sounds of Mars, Small Steps, podcast Giant Leaps, Rocket Ranch, Gravity Assist, dan beberapa seri dan audio lainnya.