Zipmex Ajukan Perlindungan dari Kebangkrutan, Begini Nasibnya Sekarang!
Zipmex ajukan perlindungan dari kebangkrutan. (Zipmex)

Bagikan:

JAKARTA – Zipmex yang beberapa waktu menghentikan penarikan dana (withdrawal) karena terdampak perusahaan kripto yang bangkrut, Celsius. Menurut laporan terbaru, Zipmex telah mengajukan perlindungan kebangkrutan dari kreditur potensial.

Sebelumnya, Zipmex telah mengajukan perpanjangan 6 bulan, namun pengadilan hanya memberikan perpanjangan yang berlaku hingga 2 Desember. Pada bulan Juli, bursa kripto Zipmex menangguhkan penarikan dan mengajukan perlindungan kebangkrutan dari kreditur potensial untuk menyusun rencana pendanaan.

Coinspeaker melaporkan bahwa Zipmex Group mengaku mengalami masalah likuiditas dan mengajukan perpanjangan moratorium untuk lima entitasnya: Zipmex, Zipmex Asia, Zipmex Thailand, Zipmex Indonesia, dan Zipmex Australia. Hingga 2 Desember, perusahaan akan bebas dari tuntutan hukum kreditur potensial.

Menurut posting blognya, bursa kripto menyetor dana ke beberapa platform pinjaman kripto termasuk Jaringan Celsius. Ini dilakukan untuk produk ZipUp+-nya. Mengikuti kondisi pasar, ia berusaha menarik dana dari semua mitra simpanannya. Sayangnya, Celsius memberi tahu bursa pada 3 Juni 2022, bahwa ia telah menghentikan penarikan karena keadaan yang tidak terduga.

Pada 14 Juli, Celsius menyatakan kebangkrutan. Selama periode itu, Babel Finance, mitra penyebaran lainnya, juga mengaku mengalami masalah likuiditas. Babel diharapkan akan menyelesaikan masalah ini dalam waktu singkat, tetapi pertemuan antara para mitra pada 20 Juli memberi perusahaan keberatan serius tentang kemungkinan ini. Ini memengaruhi keputusan sementara mereka untuk menangguhkan transfer antara dompet Z dan dompet Perdagangan.

Menurut mereka, beberapa langkah sedang dilakukan untuk mengumpulkan dana guna menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan.

“Zipmex sedang menjajaki berbagai jalan. Pertama, Zipmex bekerja untuk mengembalikan aset dari Babel Finance. Kedua, kami sedang dalam percakapan penggalangan dana lanjutan yang akan memungkinkan kami untuk mengaktifkan kembali transfer Z Wallet,” tulis keterangan Zipmex.

Penyebab mereka telah didukung oleh pemegang saham yang telah melakukan investasi tambahan ke dalam Zipmex Token (ZMT). Ini untuk meningkatkan kepercayaan investor pada token dan bisnis perusahaan. Tidak berhenti sampai di situ, bursa juga mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan dua investor dan mempercepat uji tuntas.

Perusahaan mengklaim telah melanjutkan operasi dengan mentransfer aset yang tidak terpengaruh dari dompet Z pelanggan ke dompet Perdagangan mereka. Beberapa aset tersebut antara lain Solana (SOL), Cardano (ADA), dan XRP. Perusahaan juga telah meyakinkan bahwa Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) akan sama-sama ditransfer ke pelanggan.

“Kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan transfer semua aset pelanggan secara bertahap dan mempercepat semua tindakan untuk melanjutkan layanan penuh Z Wallet,” menurut pihak Zipmex.