Bagikan:

JAKARTA – Proses transisi Ethereum dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) disebut bakal selesai pada akhir tahun depan. Setelah sejumlah penggabungan testnet yang dilakukan pengembang dalam beberapa tahun belakangan, akhirnya mulai memasuki penggabungan tahap akhir dengan yang akan selesai pada 2023 mendatang.

Informasi saja, model PoW yang memungkinkan aktivitas penambangan (mining) dengan menggunakan komputasi tinggi diklaim tidak ramah lingkungan karena boros energi. Sementara model PoS disebut-sebut sebagai model yang ramah lingkungan.

Pasalnya, model PoS memungkinkan staking atau penguncian token dalam jaringan dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan imbalan berupa token. Dalam PoS tidak diperlukan aktivitas penambangan dengan menggunakan perangkat komputer berdaya tinggi seperti VGA dan konsumsi listrik berdaya tinggi.

Melansir Cointelegraph, transisi ke PoS dimulai pada Desember 2020 dengan peluncuran Beacon Chain, memulai Fase 0 dari proses tiga fase. Fase 1, fase saat ini, yang sebelumnya dijadwalkan akan selesai pada tahun 2021 harus tertunda karena banyak pekerjaan yang belum selesai di pihak pengembang. Kendati begitu, fase kedua ini diharapkan akan selesai pada minggu ketiga September. Fase terakhir dari transisi ini dijadwalkan akan selesai pada akhir 2023.

Tim Beiko selaku pengembang utama Ethereum mengumumkan rincian transisi testnet Groeli yang akan digabungkan dengan jaringan Prater dari Beacon Chain. Jika proses penggabungan selesai, nama Goerli akan tetap dipertahankan.

“Prater akan dijalankan melalui upgrade Bellatrix pada 4 Agustus, dan bergabung dengan Goerli antara 6-12 Agustus: jika Anda menjalankan node atau validator, ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk melalui proses sebelum mainnet,” tulis keterangan pengembang Ethereum, Tim Beiko di postingan Twitter, 27 Juli 2022.

Sebagaimana diketahui, saat ini Ethereum sudah memasuki tahap The Merge, sebuah proses transisi dari PoW ke PoS. Proses transisi tersebut memakan waktu yang tidak sebentar.

Sementara penggabungan testnet dijadwalkan rampung dalam dua fase mulai 4 Agustus yang akan diawali dengan peningkatan yang disebut Bellatrix. Kemudian tahap kedua, pengembang akan meluncurkan upgrade Paris, di mana lapisan atau layer akan beralih dari PoW ke PoS. Ini diharapkan rampung pada tanggal 6 hingga 12 Agustus mendatang.

Ethereum sebagai mata uang kripto terbesar nomor dua berdasarkan kapitalisasi pasarnya, merupakan kripto pertama yang melakukan transisi dari model PoW ke PoS. Ini berpotensi memberikan dampak besar bagi mata uang kripto lainnya yang dibangun di jaringan Ethereum.