Canggih! Jalin Kemitraan dengan Cisco, Manchester City Bakal Buat Syal yang Bisa Ukur Detak Jantung Fans
Manchester City bikin inovasi syal canggih (foto: Manchester City) 

Bagikan:

JAKARTA - Sudah sejak lama syal menjadi aksesoris utama bagi penggemar sepak bola di seluruh penjuru. Syal dinilai sebagai simbol fandom sepak bola. Pada Rabu, 27 Juli, klub sepak bola dari Inggris, Manchester City mengumumkan inovasi scraft terbaru bersama dengan mitra barunya Cisco, produsen peralatan jaringan terbesar di dunia. 

Menurut situs resmi Manchester City, scraft tersebut memungkinkan mereka mengukur detak jantung dan emosi para penggemar terhadap permainan klub favoritnya di lapangan.

"Menjadi penggemar fanatik sejati adalah fisiologis, itu tidak ada hubungannya dengan berapa banyak pertandingan yang Anda hadiri atau di mana Anda berada di dunia. Itu yang menyatukan kita sebagai sebuah kolektif. Sekarang kita punya data untuk membuktikannya," kata Chintan Patel, Chief Technology Officer Cisco UK & Irlandia. 

Scraft baru ini nantinya akan dilengkapi dengan sensor bio EmotiBit yang ditempatkan di leher, The Connected Scarf akan menangkap sinyal biologis tubuh sepanjang pertandingan dan memungkinkan Cisco untuk membentuk pengalaman yang lebih terkurasi dan disesuaikan di masa mendatang.

Scraft akan dapat merekam berbagai tindakan fisiologis, termasuk detak jantung, suhu tubuh, dan gairah emosional ketika sedang menonton pertandingan.

Saat ini, perusahaan masih dalam tahap uji coba dengan mengundang enam penggemar City. Tapi perusahaan berjanji bahwa mereka akan meluncurkan The Connected Scraft secara global mulai musim depan. 

"Di Manchester City, kami terus mengeksplorasi teknologi terbaru untuk menghadirkan pengalaman penggemar berkualitas tinggi dan mendekatkan mereka ke klub," jelas Nuria Tarré, Chief Marketing & Fan Experience Officer, City Football Group. 

Menurut Tarré lebih lanjut, Cisco ini adalah cara baru yang inovatif untuk menyatukan penggemar dan terhubung dengan mereka dengan cara baru dan menarik.