Xiaomi Produksi Ponsel di Vietnam,  Batch Pertama Sudah Meluncur
Xiaomi Corp China telah memulai produksi batch pertama smartphone mereka di Vietnam. (foto: twitter @Xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi Corp China telah memulai produksi batch pertama smartphone mereka di Vietnam. Kepastian ini diumumkan oleh perusahaan elektronik asal AS itu pada Kamis, 7 Juli, dalam usaha mereka untuk memperluas pijakannya di Asia Tenggara.

Menurut pernyataan perusahaan itu dalam sebuah email, ponsel baru itu diproduksi di sebuah pabrik di provinsi Thai Nguyen, di utara ibu kota Hanoi. Pabrik tersebut dioperasikan oleh mitra Xiaomi, DBG Technology.

Vietnam dalam beberapa tahun terakhir menjadi pusat manufaktur regional untuk pembuat elektronik global. Nilai ekspor smartphone dari negara tersebut, yang sebagian besar diproduksi oleh Samsung Electronics, naik 12,4% tahun lalu menjadi 57,5 miliar dolar AS (Rp 860,4 triliun).

Seperti dikutip Reuters, Xiaomi mengatakan batch pertama smartphone buatan di Vietnam telah dikirim ke distributor lokal. Mereka juga menambahkan akan segera mengekspor smartphone ke pasar Asia Tenggara lainnya, termasuk Malaysia dan Thailand.

Namun Perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kapasitas produksinya di Vietnam. Negara ini semakin menarik minat bagi investor teknologi karena berbagai kemudahan yang mereka tawarkan dalam berinvestasi di sektor digital.